Kompas.com - 17/09/2021, 09:12 WIB
RM BTS salah tebak nama ibu kota Malaysia di Run! BTS. Instagram/@bts.bighitofficialRM BTS salah tebak nama ibu kota Malaysia di Run! BTS.

KOMPAS.com - Leader boyband BTS, RM atau Kim Namjoon, mencatatkan sejarah.

Ia menyumbangkan 100 juta KRW atau Rp 1,2 miliar ke Yayasan Budaya Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer.

Hal tersebut diumumkan oleh Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer pada 14 September 2021.

Baca juga: Tak Punya SIM, RM BTS Girang Dapat Hadiah Sepeda Saat Ulang Tahun

“RM menyumbangkan 100 juta KRW melalui yayasan untuk menyebarkan budaya membaca Buku Seni yang Indah,” kata pihak museum dilansir dari AllKpop, Jumat (17/9/2021).

RM merayakan ulang tahunnya dua hari sebelum hal itu diumumkan.

Dalam perayaan ulang tahunnya, ia mensponsori produksi buku-buku seni yang sudah tidak dicetak dan sulit diperoleh, serta bahan-bahan yang perlu diterbitkan kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Luna Maya Ikut Rayakan Ulang Tahun RM BTS

Buku-buku itu disumbangkannya ke perpustakaan umum dan perpustakaan SD, SMP, dan SMA di daerah pegunungan di seluruh negeri.

Buku-buku ini juga ditempatkan di toko buku seni Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer. Dengan begitu, siapa pun bisa melihatnya.

Kepada Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer, RM menyampaikan bahwa alangkah baiknya bagi para remaja yang kesulitan mengakses museum seni rupa dapat dengan mudah mengakses seni.

Baca juga: ARMY Rayakan Ulang Tahun RM BTS, dari Galeri Seni Virtual hingga Penanaman Pohon

“Oleh karena itu kami akan mencoba menyebarkan budaya membaca buku seperti yang dikatakan RM. RM memiliki pengaruh baik dalam mengembangkan minat mereka pada seni meskipun jadwalnya sibuk,” kata pihak Museum. 

Chosun Ilbo melaporkan tahun lalu bahwa RM sangat menyukai seni Korea genre dari pelukis seperti Do Sang Bong, Byeon Wol Ryong, dan Son Sang Ki dan pembuat toples bulan Kwon Dae Seop.

Baca juga: Chris Martin Minta Maaf Saat Wawancarai BTS, RM: Kamu yang Terbaik

Kim In Hye, seorang peneliti di Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer pun mengetahui kesukaan RM di bidang seni.

"Saya tidak sengaja bertemu RM yang datang ke Istana Deoksugung dan berkesempatan untuk berbicara dengannya. Dia bisa menafsirkan lukisan Lee Kae Dae sehubungan dengan mitologi Barat,” tutur Kim In Hye.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Allkpop
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.