Kompas.com - 16/09/2021, 13:26 WIB
Ruben Hattari (tengah), Director of Public Policy, SEA, Netflix, berdiskusi dengan Chand Parwez Servia (kanan), Ketua Umum BPI, saat penandatanganan kerja sama penyaluran donasi bagi pekerja film Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19. BPIRuben Hattari (tengah), Director of Public Policy, SEA, Netflix, berdiskusi dengan Chand Parwez Servia (kanan), Ketua Umum BPI, saat penandatanganan kerja sama penyaluran donasi bagi pekerja film Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Pada hari ini, Kamis (16/9/2021) Netflix mengumumkan kerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) untuk menyalurkan dana bantuan untuk pekerja film dan televisi yang terdampak pandemi.

Dana yang disalurkan senilai 500 ribu dollar AS atau setara Rp 7,1 miliar.

Baca juga: Tips Mengubah Tampilan Subtitle hingga Menghemat Kuota Data di Netflix

Dana itu termasuk dalam dana bantuan (Hardship Fund) global Netflix senilai 150 juta dollar AS setara Rp 2,1 triliun yang diluncurkan untuk membantu komunitas kreatif dan sebagian besarnya disalurkan bagi pekerja sektor film.

Bantuan itu diharapkan dapat memberi dukungan finansial perorangan bagi para kru dan pekerja lepas di industri film dan televisi Indonesia yang mengalami kesulitan di masa pandemi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Serial Thailand Adaptasi Drama Korea di Netflix.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dana yang diberikan sebagai bantuan jangka pendek untuk membantu mencukupi biaya hidup mendasar.

Dalam keterangan tertulis, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi BPI yang berkolaborasi dengan Netflix.

"Kami berharap sinergi dan dukungan dari seluruh unsur Pentahelix (pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat dan media) dapat menciptakan inovasi dan kreativitas dalam mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: 4 Rekomendasi Serial Asal Jerman di Netflix yang Wajib Ditonton

Dalam rangka mendorong akselerasi pemulihan sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor film tahun 2021, Kemenparekraf/Baparekraf juga akan melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Subsektor Film melalui tiga skema.

Pertama adalah Skema Promosi Film Indonesia, kedua Skema Produksi Film Indonesia dan ketiga Skema Pembelian Lisensi Film Indonesia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.