Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal-awal Jadi Figuran, Kang Komar Preman Pensiun Dibayar Rp 30.000

Kompas.com - 02/09/2021, 17:36 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Mat Drajat terkenal usai membintangi sinetron komedi Preman Pensiun. Berperan sebagai Kang Komar, ia menjadi salah satu peran yang disukai publik.

Bahkan karena perannya sebagai preman kocak di Preman Pensiun, Mat Drajat pernah menerima penghargaan Festival Film Bandung 2015 untuk Kategori Pria Terpuji.

Meski kariernya kini telah sukses, Mat Drajat ternyata memulai kariernya di dunia hiburan sebagai figuran atau peran pembantu.

Baca juga: Cerita Kang Komar Preman Pensiun, Sempat Hidup di Jalan dan Jadi Penonton Bayaran

"Iya (awalnya jadi figuran)," kata Mat Drajat dalam acara Lapor Pak seperti dikutip Kompas.com di kanal YouTube Trans7, Kamis (2/9/2021).

Awal-awal ia jadi figuran di salah satu program Trans TV bernama Lacak. Di program itu, ia selalu kedapatan peran antagonis.

"Pertama kiprah ada reka ulang Lacak saya berperan sebagai antagonis. Ketika Lacak diperankan oleh model, saya pemainnya, membunuh segala macam," ucap Mat Drajat.

Baca juga: Ikatan Cinta hingga Preman Pensiun 5 Dominasi Top Program di Bulan Ramadhan

Tak hanya di program Lacak, ia juga pernah menjadi figuran dan kerap berperan jadi hantu.

"Itu si Orter nyata itu jadi hantu-hantu setiap hari sangat ramai. Memang saat itu digandrungi," kata Mat Drajat.

Dia mengaku awal-awal jadi figuran, ia hanya dibayar Rp 30.000. Namun, ia bersyukur bayarannya saat ini lambat laun meningkat.

Baca juga: Bocoran Preman Pensiun 5 hingga Nasib Peran Kang Pipit

"Perjuangan saya 14 tahun kang di dunia film tidak sebentar. Saya berangkat progresif pelan-pelan mulai dibayar Rp 30.000 naik Rp 50.000. Naik Rp 100.000 dipotong bunda Rp 80.000 terima. Rp 120.000 sampai akhirnya ada kontrak dan Alhamdullilah," kata Mat Drajat.

Perjuangan Mat Drajat selama 14 tahun di dunia hiburan pun berbuah manis. Nama Mat Drajat akhirnya dikenal publik berkat bermain di sinetron Preman Pensiun.

Terakhir, ia mengucap terima kasih pada Preman Pensiun yang sudah membesarkan namanya.

“Iya saya ucapkan terima kasih dengan Preman Pensiun saya terangkat di sana,” tutur Mat Drajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com