Kompas.com - 19/08/2021, 20:39 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris dan penyanyi Cinta Laura mengatakan ketika remaja dia tidak percaya adanya toxic relationship atau bakal mengalaminya.

Pasalnya ia merasa pintar dan merasa bisa membedakan pria yang tidak baik sehingga merasa tak mungkin terjebak dalam hubungan demikian.

Sampai akhirnya ia mengetahui sosok berpengaruh seperti Oprah Winfrey pun pernah terlibat toxic relationship bahkan pelecehan.

Baca juga: Cinta Laura Bersyukur Putus dan Jadikan Masa Lalu Pelajaran

"Setelah aku tumbuh dewasa aku menyadari bahwa toxic relationship itu bukan selalu 'oh pacarku memukulku' physical abuse. Bisa juga emosional, verbal, psikologis, itu yang paling parah. Itu bisa dilakukan lewat manipulasi," kata Cinta Laura, dikutip dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Kamis (19/8/2021).

Dia sendiri tak luput dari hubungan pacaran penuh racun itu.

"Aku pernah punya dua toxic relationship yang buruk. Well, obviously, toxic selalu buruk," tutur artis kelahiran tahun 1993 ini.

Baca juga: Cinta Laura: Aku Percaya Orang Sukses Biasanya Tepat Waktu

Satu kali belajar dari pengalaman ternyata masih bisa membuat Cinta Laura jatuh ke lubang yang sama.

"Yang pertama aku belajar banyak tapi ternyata belum belajar cukup. Baru yang kedua yang bikin aku kayak 'Wow! Oh jadi begini hidup. Ini suatu masalah'," ungkapnya.

Pernah menjalani toxic relationship, Cinta Laura menuturkan memang butuh waktu, butuh kedewasaan, butuh keberanian untuk introspeksi diri dan mau berubah.

Baca juga: Cinta Laura soal Nikah dan Punya Anak, Senang Orangtua Tak Memaksa

Cinta berujar pernah merasa ingin keluar dari perasaan tersiksa karena hubungan beracun tetapi tak tahu bagaimana.

Namun ia bersyukur dan merasa beruntung karena selalu punya keinginan untuk mencari solusi dari masalah yang dialami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.