Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi Sunny Dahye Usai Dituding Menghina Orang Indonesia: Aku Syok dan Terluka

Kompas.com - 18/08/2021, 21:13 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- YouTuber Korea Selatan, Sunny Dahye akhirnya angkat bicara terkait tudingan yang menyebutnya telah menghina orang Indonesia.

Melalui video yang diunggah di YouTube Sunny Dahye, YouTuber yang pernah berkuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu mengaku terkejut dengan perundungan yang terjadi di media sosial beberapa waktu ini.

"Jujur pada saat itu aku syok dan juga terluka, dengan ratusan, ribuan komen ancaman dan kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan kepada seorang individu," kata Sunny, dikutip Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Sosok Sunny Dahye, YouTuber Korea Selatan yang Heboh Usai Dituding Hina Orang Indonesia

Sunny mengaku terluka karena rasa cintanya terhadap Indonesia langsung dipertanyakan oleh banyak orang setelah beredar unggahan anonim yang menyebutnya menghina orang Indonesia.

"Meskipun aku dalam darah Korea dan warga negara Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar, aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali," ujar Sunny.

"Jadi aneh guys rasanya kalau aku merendahkan negara di mana aku menimba ilmu dari TK, SD, SMP sampai kuliah," tutur Sunny menegaskan.

Baca juga: Penjelasan Han Yoo Ra soal Kontroversi Sunny Dahye : Kita Sudah Baikan

Bagi Sunny, Indonesia adalah negara yang sangat dia hormati.

Tempat dia belajar sopan santun, tata krama dan nilai moral. Bahkan Sunny juga mengaku lebih merasa nyaman berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, karena merasa itu sebagai bahasa ibu.

Namun, meskipun merasa terluka karena tudingan dan berbagai kata-kata kasar yang ditujukan padanya, Sunny tetap meminta maaf.

"Aku ingin meminta maaf apabila aku sempat melakukan atau mengatakan suatu kesalahan dalam hidup aku, yang aku sendiri jujur kurang bangga," ucap Sunny.

"Tapi aku juga tidak sempurna, sama seperti kalian, aku juga manusia dan aku juga pernah membuat kesalahan," sambungnya.

Baca juga: Namanya Terseret dalam Kehebohan Sunny Dahye, Hansol: Opo Rek Kok Trending Aku?

Mengenai akun @sunnyisliar2 yang sebelumnya menyebarkan konten-konten buruk tentangnya dan sang suami, Sunny tidak akan tinggal diam dan memilih untuk menempuh jalur hukum.

"Aku tidak akan berdiam diri dan membiarkan nama baik aku dipertanyakan dengan alegasi yang salah," tutur Sunny.

"Karena itu teman-teman, aku memilih untuk mengambil jalur hukum bersama dengan pengacara aku dan juga sekarang kami sedang dalam tahap laporan ke pihak kepolisian," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, akun @sunnyisliar2 sempat mengunggah Direct Message (DM) yang disebutnya diperoleh dari orang terdekat Sunny.

Unggahan tersebut berisi cerita tentang Sunny yang menyebut orang Indonesia bodoh, juga tentang konten puasa Sunny yang menurut akun tersebut juga konten bohong.

Karena unggahan itu, nama Sunny Dahye sempat masuk trending topic Twitter Indonesia selama dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com