Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia, Iwan Fals Luncurkan Singel Merah Putih

Kompas.com - 18/08/2021, 14:30 WIB
Felisitas Dhwani Wihangga,
Biru Cahya Imanda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi kenamaan Indonesia, Iwan Fals, meluncurkan singel "Merah Putih" pada HUT ke-76 Republik Indonesia yang dirayakan kemarin, Selasa (17/8/2021).

Lagu ini menjadi singel kedua dari album penuhnya yang saat ini tengah dipersiapkan.

Sebelum meluncurkan lagu ini, Iwan Fals lebih dulu merilis singel "16/01" yang merupakan hasil kolaborasinya bersama penyanyi muda, Sandrayati Fay.

Lagu "Merah Putih" menjadi karya rekaman pertama Iwan Fals yang diiringi instrumen utama piano oleh Otta Tarega.

Baca juga: Iwan Fals Bagikan Cerita Proses Rekaman Singelnya dengan Sandrayati Fay, 16/01

“Sebenarnya piano sudah ada sejak dulu, tapi paling di konser-konser, bukan di rekaman. Pernah main sama Iwang Noorsaid, Bagus AA. Kalau langsung rekam, ya baru ini,” tutur Iwan Fals dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (18/8/2021).

Tak hanya menampilkan kebaruan dalam karyanya, Iwan Fals juga menyuguhkan bunyi-bunyian khas miliknya, meliputi instrumen harmonika dan suara vokal yang menukik tajam.

"Merah Putih" menjadi cara Iwan Fals merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang hari ini dipenuhi dinamika dan kecepatan.

Baca juga: Iwan Fals Lelang Gitar untuk Bantu Pedagang UMKM Terdampak Pandemi

"Indonesia terus bergerak, terus berproses. Ibaratnya, jadi proses gabungan dari melodi dan syair kalau dalam konteks musik," tambah Iwan Fals.

Tak hanya merayakan kemerdekaan, lewat lagu ini Iwan Fals juga mengajak para pendengarnya untuk tidak saling mengganggu dan lebih mengutamakan keharmonisan, sambil menyadari bahwa kematian menunggu setiap manusia.

Meski demikian, Iwan Fals juga berpesan untuk tetap tidak menyerah dalam masa penantian tersebut, melainkan menjalaninya dengan senang dan lebih produktif untuk memberikan contoh pada generasi berikutnya.

Singel "Merah Putih" dari Iwan Fals sudah bisa dinikmati lewat berbagai platform musik digital sejak kemarin, Selasa (17/8/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com