Kompas.com - 16/08/2021, 16:24 WIB
Marshanda saat berbincang dengan Luna Maya dan Marianne di konten YouTube TS Media YouTube TS MediaMarshanda saat berbincang dengan Luna Maya dan Marianne di konten YouTube TS Media

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Marshanda punya cara sendiri untuk mengeluarkan emosinya jika sedang merasa marah atau sedih. Marshanda mengaku memilih menangis.

"Kalau aku kayaknya emang perlu nangisin dulu deh, kalau emang merasa marah. Tapi ngeluarinnya dengan cara enggak menyakiti orang lain. Bisa ngobrol sama saudara, kakak, adik, pasangan, yang dekat yang bisa paham," kata Marshanda dikutip dari kanal YouTube deHakims Story, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Karakter Lala Masih Melekat, Marshanda Diingatkan Temannya Hidup Bukanlah Sinetron

"Tapi bilang dulu, 'Ini aku sekarang lagi mau ngeluarin karena aku masih menyimpan rasa sakit hati karena kejadian ini nih. Ini bukan aku marah sama kamu ya. Udah terus keluarin'," tuturnya.

Baginya, jika ingin menangis maka menangislah.

"Jadi kalau kuota grieving berdukanya belum habis, enggak bakal sampai ke bersyukur. Kuota sedihnya harus dikeluarin dulu baru deh semuanya pergi dari badan kita ibaratnya, energi negatif-negatif itu. Baru bisa diisi sama yang positif, bersyukur, memaafkan," ujar Marshanda.

Baca juga: Marshanda Sebut Videonya Tahun 2009 Kesalahpahaman Terbesar soal Dirinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun mengakui terkadang masih salah waktu dan tempat kapan harus membuang "sampah" itu ke "tong sampah" miliknya yang tepat.

"Karena kadang kita salah nih, buang 'sampahnya' ke orang yang juga lagi enggak bisa terima. Atau kita malah bikin seolah-olah dia yang salah, padahal kita lagi marahnya ke orang lain," ujarnya.

Marshanda membeberkan, ia hanya punya dua sampai tiga orang yang bisa menjadi "tong sampah" itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.