Kompas.com - 08/08/2021, 10:52 WIB
YouTuber Arief Muhammad. Instagram/Arief MuhammadYouTuber Arief Muhammad.

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber sekaligus influencer Arief Muhammad menegaskan permainan Ikoy-ikoyan yang dipopulerkannya di Instagram bukan strategi marketing.

Hal itu dijelaskan Arief ketika bertandang di kanal YouTube Denny Sumargo.

"Kalau ini pure bukan strategi marketing. Dari dulu kalau misalnya followers lama gue nonton mereka pasti paham dari dulu gue selalu ngajak main followers gue," kata Arief seperti dikutip Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Denny Sumargo lalu memastikan permainan Ikoy-ikoyan ini bukan dalam rangka Arief Muhammad memperkenalkan sebuah brand baru di dunia bisnisnya.

Baca juga: Arief Muhammad: Cabang Baso Aci Akang Menunggu Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di Indonesia

"Enggak ada karena ini bukan program," ucap Arief.

Permainan Ikoy-ikoyan sendiri sempat menjadi viral di media sosial setelah Arief Muhammad membagikan sejumlah uang yang didapat dari sponsornya.

Permainan ini lalu menuai pro dan kontra karena para warganet tiba-tiba menagih Ikoy-ikoyan ke influencer idola mereka.

Baca juga: Arief Muhammad dan Serba-serbi Permainan Ikoy-ikoyan

Padahal permainan Ikoy-ikoyan sendiri merupakan cara khas Arief Muhammad dalam menjaga hubungannya dengan para pengikut di akun Instagram-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.