Kompas.com - 05/08/2021, 15:42 WIB
Boyband asal Korea Selatan Born to Beat (BTOB) diresmikan Korea Tourism Board (KTO) menjadi Duta Kehormatan Pariwisata Korea Tahun 2018. Korea Tourism BoardBoyband asal Korea Selatan Born to Beat (BTOB) diresmikan Korea Tourism Board (KTO) menjadi Duta Kehormatan Pariwisata Korea Tahun 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebelum lagu BTS "Permission to Dance" yang menyematkan bahasa isyarat dalam koreografi mereka, ternyata sudah ada grup idol lain yang melakukan aksi serupa.

Dari MAMAMOO hingga BTOB, berikut bahasa isyarat yang ada dalam koreografi lagu mereka.

MAMAMOO

Lagu "Starry Night" MAMAMOO yang bercerita tentang patah hati menyakitkan dan kesulitan untuk move on ini menyertakan bahasa isyarat dalam koreografi mereka.

Mereka menggunakan bahasa isyarat dari "bintang bersinar" sambil terus menyanyikan "Starry Night" secara berulang di bagian chorus.

Baca juga: Cerita di Balik Penggunaan Bahasa Isyarat dalam Koreografi Permission To Dance

SEVENTEEN

Apa cara yang lebih baik untuk mengucapkan terima kasih sebagai seorang seniman selain menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh fandom dalam setiap bahasa?

Karenanya munculnya tanda 'terima kasih' tidak terlihat dalam koreografi SEVENTEEN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi gerakan ini hanya dapat dilihat jika cukup fokus pada bagian di mana para anggota dengan sungguh-sungguh menyanyikan lagu "Thanks" secara berulang.

Weki Meki

Dalam perhelatan Olimpiade musim dingin PyeongChang tahun 2018, Weki Meki mengirim pesan dukungan untuk peserta lewat lagu "Butterfly".

Baca juga: Kini Sukes, 5 Idol Kpop Ini Dulu Justru Berlatih Menjadi Atlet

Bagian terbaiknya adalah, seluruh koreografi dibuat dari lirik lagu mereka dalam bahasa isyarat.

LABOUM

Lirik lagu "Heal Song" memberi pendengar kekuatan untuk melanjutkan dan meyakinkan mereka tentang melakukan pekerjaan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Di akhir pertunjukan, para anggota memberikan bahasa isyarat di bagian terakhir karena mereka ingin lagu penyembuhan mereka menjangkau khalayak yang lebih luas.

Baca juga: Dianggap Pintar, 7 Idol Kpop Ini Dikenal Memiliki IQ Tinggi

BTOB

Menggabungkan bahasa isyarat ke dalam koreografi untuk "Missing You" adalah ide BTOB dan disetujui oleh koreografer mereka.

Isyarat itu ada dalam lirik, "Setahun berlalu karena aku merindukanmu," digunakan dalam koreografi, dengan penyesuaian yang dibuat pada judul lagu agar lebih terlihat seperti gerakan tarian.


Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.