Kompas.com - 04/08/2021, 22:59 WIB
Roma Irama dan Soneta Band dalam membawakan lagu di panggung utama Bunderan HI, Selasa (31/12/2019)  KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARRoma Irama dan Soneta Band dalam membawakan lagu di panggung utama Bunderan HI, Selasa (31/12/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Musik dangdut punya sejarah panjang di Indonesia. Musik yang memiliki unsur-unsur India, Melayu, dan Arab ini hadir di berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

Perjalanan musik dangdut yang mulai mengorbit pada dekade 60an tentu tak bisa dilepaskan dari nama musisi legendaris Rhoma Irama bersama super grup dangdutnya, yakni Soneta.

Rhoma Irama melakukan banyak gebrakan untuk mengenalkan musik dangdut secara luas dengan pakem yang sudah lebih matang sebagai sebuah genre.

Rhoma Irama membuat citra dangdut naik kelas, bukan lagi hanya sekadar musik orkes biasa.

Di balik semua itu, siapa sangka jika Rhoma Irama ternyata terinspirasi dari grup band rock legendaris asal Inggris, yakni Deep Purple.

Baca juga: Profil Abdul Hadi, Pemain Suling Soneta Group yang Meninggal Dunia

Adapun, Deep Purple, bersama dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath, telah disebut sebagai "trinitas suci dari hard rock dan heavy metal Inggris di awal hingga pertengahan 70an".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka terdaftar dalam Guinness Book of World Records tahun 1975 sebagai "band paling keras di dunia" untuk konser tahun 1972 di Rainbow Theatre London dan telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia.

Deep Purple sendiri pernah tampil di Indonesia pada tahun 1975. Mereka tampil dalam dua hari, yakni tanggal 4 dan 5 Desember.

Saat itu, Deep Purple digawangi David Coverdale (vokal), Ritchie Blackmore (gitar), Jon Lord (keyboards), Glenn Hughes (bas, vokal), dan Ian Paice (drum).

Baca juga: Rhoma Irama hingga Elvy Sukaesih Berduka, Abdul Hadi Pemain Suling Soneta Meninggal Dunia

Tujuan Deep Purple saat itu untuk tur promosi album terbaru mereka, Come Taste the Band.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.