Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 16:02 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Variety

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Gerard Butler mengajukan tuntutan kepada rumah produksi Nu Image/Millennium Films.

Butler belum menerima keuntungan 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 144,4 miliar dari film action Olympus Has Fallen (2013) yang dibintanginya. 

Butler mengklaim, produser telah mengecilkan nominal penerimaan keuntungannya dari dalam dan luar negeri sebesar puluhan juta dolar dan gagal melaporkan 8 juta dollar AS yang masuk ke eksekutifnya sendiri.

Baca juga: Sinopsis Angel Has Fallen, Gerard Butler Dituduh Menyerang Presiden AS

"Produser telah mendapatkan puluhan juta dollar dari Olympus, tetapi menolak untuk membayar Butler sepeser pun dari pendapatan kotor dan keuntungan yang dijanjikan kepadanya dalam perjanjian para pihak," demikian isi tuntutan itu.

“Butler menolak untuk menoleransi pernyataan yang salah dari terdakwa dan perilaku salah lainnya. Butler bekerja dengan tergugat untuk membuat waralaba film yang sangat sukses. Dia menuntut bagiannya yang adil," lanjut isi tuntutan.

Berdasarkan gugatan itu, kontrak Butler memberinya hak 10 persen dari laba bersih, ditambah 6 persen dari penerimaan kotor domestik yang disesuaikan di atas 70 juta dollar AS. Selain itu ada 12 persen dari penerimaan kotor luar negeri yang disesuaikan di atas 35 juta dollar AS.

Baca juga: Sinopsis Olympus Has Fallen, Gerard Butler Menyelamatkan Presiden AS

Perusahaan produksinya juga berhak atas 5 persen dari laba bersih dan Butler akan menerima bonus tertentu karena mencapai ambang box office.

Gugatan itu muncul sehari setelah aktris Scarlett Johansson mengajukan gugatan kompensasi blockbuster terhadap Walt Disney Co.

Scarlett mengklaim bahwa perilisan simultan Black Widow di Disney Plus memotong partisipasi box office-nya.

Baca juga: Sinopsis Machine Gun Preacher, Gerard Butler Bertobat di Jalan Tuhan

Gugatan Butler adalah kasus "akuntansi Hollywood" yang lebih tradisional.

Butler berperan sebagai Mike Banning, seorang agen Secret Service yang harus menyelamatkan presiden dari penyandera dalam film Olympus Has Fallen.

Film ini meraup 170 juta dolar AS (Rp 2,4 triliun) di seluruh dunia. Juga menelurkan dua sekuel yang sukses yakni London Has Fallen dan Angel Has Fallen, di mana Butler mengulangi perannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com