Kompas.com - 30/07/2021, 16:36 WIB
Orson Welles dalam film klasik ternama Citizen Kane. IMDBOrson Welles dalam film klasik ternama Citizen Kane.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 1941, sutradara Orson Welles merilis Citizen Kane, film drama yang kerap kali disebut-sebut sebagai film terbaik sepanjang masa.

Namun, perjalanan film klasik yang satu ini menjadi salah satu mahakarya terbaik tidaklah mulus.

Ketika film yang diproduksi oleh RKO Radio Pictures ini pertama kali dirilis, tidak begitu banyak orang yang terpukau dengan film yang mengisahkan kehidupan tragis seorang tokoh ternama di dunia surat kabar ini.

Terlebih lagi, film yang ceritanya ini berdasarkan pada kehidupan pebisnis dan penerbit surat kabar tersohor William Randolph Hearst ini ternyata tidak diterima dengan baik oleh William sendiri.

Baca juga: Sinopsis Outer Banks Season 2, Tayang Hari ini di Netflix

Kedua hal tersebut pun berujung pada berbagai hujatan yang Welles terima ketika karya debutnya itu juga ikut serta dalam ajang Academy Awards yang ke 14 di tahun 1942.

Tetapi, Citizen Kane tetap berhasil meraih delapan nominasi dan satu penghargaan untuk kategori Best Writing pada ajang bergengsi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan seiring dengan berjalannya waktu, film yang juga dibintangi oleh Orson sendiri ini terpilih sebagai film terbaik selama lima dekade (1992-2002) dalam majalah film ternama Sight & Sound yang dipublikasikan oleh British Film Institute.

Alur cerita dari film ini sendiri dimulai dengan meninggalnya Charles Forster Kane (Orson Welles), seorang pemilik dari surat kabar ternama, New York Daily Inquirer.

Sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya, Kane ternyata sempat mengucapkan kata “rosebud."

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 30 Juli, Andin Temukan Bukti Baru

Hal ini pun membuat banyak orang yang ikut menyaksikan lika-liku kehidupan Charles menjadi penasaran akan makna di balik kata tersebut.

Alhasil, seorang reporter bernama Jerry Thompson (William Alland) pun ditugaskan untuk menilik kehidupan pribadi dari penerbit terpandang di Amerika tersebut untuk mengetahui apa maksud dari kata “rosebud.”

Apa makna di balik kata terakhir yang diucapkan Charles tersebut?

Temukan jawabannya dalam film drama klasik Citizen Kane yang bisa Anda tonton di layanan streaming HBO Max.

Baca juga: Sinopsis King Richard, Will Smith Lahirkan Atlet Dunia, Segera di CGV 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.