Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 16:36 WIB
Jonathan Dante Timesmei Manao,
Rheisnayu Cyntara

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 1941, sutradara Orson Welles merilis Citizen Kane, film drama yang kerap kali disebut-sebut sebagai film terbaik sepanjang masa.

Namun, perjalanan film klasik yang satu ini menjadi salah satu mahakarya terbaik tidaklah mulus.

Ketika film yang diproduksi oleh RKO Radio Pictures ini pertama kali dirilis, tidak begitu banyak orang yang terpukau dengan film yang mengisahkan kehidupan tragis seorang tokoh ternama di dunia surat kabar ini.

Terlebih lagi, film yang ceritanya ini berdasarkan pada kehidupan pebisnis dan penerbit surat kabar tersohor William Randolph Hearst ini ternyata tidak diterima dengan baik oleh William sendiri.

Baca juga: Sinopsis Outer Banks Season 2, Tayang Hari ini di Netflix

Kedua hal tersebut pun berujung pada berbagai hujatan yang Welles terima ketika karya debutnya itu juga ikut serta dalam ajang Academy Awards yang ke 14 di tahun 1942.

Tetapi, Citizen Kane tetap berhasil meraih delapan nominasi dan satu penghargaan untuk kategori Best Writing pada ajang bergengsi tersebut.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, film yang juga dibintangi oleh Orson sendiri ini terpilih sebagai film terbaik selama lima dekade (1992-2002) dalam majalah film ternama Sight & Sound yang dipublikasikan oleh British Film Institute.

Alur cerita dari film ini sendiri dimulai dengan meninggalnya Charles Forster Kane (Orson Welles), seorang pemilik dari surat kabar ternama, New York Daily Inquirer.

Sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya, Kane ternyata sempat mengucapkan kata “rosebud."

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 30 Juli, Andin Temukan Bukti Baru

Hal ini pun membuat banyak orang yang ikut menyaksikan lika-liku kehidupan Charles menjadi penasaran akan makna di balik kata tersebut.

Alhasil, seorang reporter bernama Jerry Thompson (William Alland) pun ditugaskan untuk menilik kehidupan pribadi dari penerbit terpandang di Amerika tersebut untuk mengetahui apa maksud dari kata “rosebud.”

Apa makna di balik kata terakhir yang diucapkan Charles tersebut?

Temukan jawabannya dalam film drama klasik Citizen Kane yang bisa Anda tonton di layanan streaming HBO Max.

Baca juga: Sinopsis King Richard, Will Smith Lahirkan Atlet Dunia, Segera di CGV 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com