Kompas.com - 27/07/2021, 13:54 WIB
Alex Delarge bersama dengan pengikutnya dalam A Clockwork Orange. IMDBAlex Delarge bersama dengan pengikutnya dalam A Clockwork Orange.

JAKARTA, KOMPAS.comA Clockwork Orange menjadi salah satu karya sutradara legendaris Stanley Kubrick yang paling kontroversial.

Pasalnya, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Anthony Burgess ini menampilkan sejumlah adegan kekerasan yang dianggap sangat berlebihan ketika dirilis pada 1971 silam.

Hal ini pun menyebabkan A Clockwork Orange dilarang tayang di sejumlah negara termasuk Inggris.

Sekalipun begitu, film kesembilan dalam filmografi Stanley ini tetap berhasil mendapatkan berbagai respon positif dan diakui sebagai salah satu karya terbaik sang direktur kelahiran 1928 itu.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 27 Juli, Katrin Berikan Kesaksian Kepada Nino

Pada 2020, Perpustakaan Kongres Amerika memasukan A Clockwork Orange dalam National Film Registry sebagai salah satu film yang patut dilestarikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berlatar di Inggris di masa depan, kisah dari film ini sendiri berkutat pada seorang penjahat bernama Alex Delarge (Malcolm McDowell) dan para pengikutnya yang disebut Droogs.

Tidak hanya kerap terlibat dalam perkelahian, Alex dan gengnya juga tidak segan-segan menerobos masuk ke rumah orang lain bahkan hingga melukai dan memperkosa penghuninya. 

Namun suatu saat, karma akhirnya datang pada Alex ketika para pengikutnya mengkhianati dirinya.

Baca juga: Sinopsis Shark Beach with Chris Hemsworth, Segera di Disney+ Hotstar

Semuanya bermula ketika Alex baru saja membunuh seorang perempuan di rumahnya sendiri.

Ketika dirinya keluar dari rumah tersebut, salah satu anggotanya menyerang dirinya dan tidak lama kemudian polisi pun tiba di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.