Arie Kriting Sebut Standup Comedy Jadi Panggungnya untuk Perjuangkan Indonesia Timur

Kompas.com - 23/07/2021, 17:07 WIB
Komika Arie Kriting YouTube Authenticity IDKomika Arie Kriting

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Arie Kriting mendapat pertanyaan dari seniornya, Soleh Solihun, perihal berapa tahun yang ia habiskan untuk memperjuangkan Indonesia timur yang lebih baik.

"Wah ini pertanyaan yang sangat memantik arogansi ya. Saya bisa merasa kayak, 'Wah saya ini sudah berjuang dari lama lho'," jawab Arie Kriting terkejut, dikutip dari kanal YouTube Authenticity ID, Jumat (23/7/2021).

"Tapi mungkin kesadaran saya Indonesia Timur itu butuh diperhatikan itu, sependek ingatan saya, sekitar 2004 atau 2005," lanjutnya.

Baca juga: Positif Covid-19, Arie Kriting: Mohon Maaf Mungkin Sempat Lalai dan Lengah

Saat kuliah, Arie semakin banyak bergaul dengan teman-teman dari Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Waktu berkumpul, mereka membahas banyak keresahan tentang Indonesia timur.

Arie juga kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang sangat banyak membicarakan isu pembangunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Positif Covid-19, Arie Kriting: Mohon Doa dan Support

"Dari situ juga kesadaran bahwa oh ternyata pembangunan di kawasan Indonesia timur itu masih jauh dari sasaran," kata suami aktris Indah Permatasari ini.

Namun, ia berujar panggungnya yang paling terasa untuk memperjuangkan daerah asalnya adalah saat mulai tampil standup pada 2013.

"Pada saat stand up itu kan naik di atas panggung bicara keresahan hatinya kita, orang-orang dengar, ketawa. Kalau misalnya bukan pada saat stand up kan juga aneh sebenarnya. Tiba-tiba di pinggir jalan, 'Majukan Indonesia Timur'. Orang lihat, 'Caleg sakit jiwa kali ini'," ujarnya.

Baca juga: Arie Kriting Bicara soal Polemik Duta dan Ikon PON XX Papua hingga Izin Roasting

Arie Kriting ragu untuk menyebut sudah ada hasil nyata dari upayanya.

"Untuk saya pribadi yang paling utama adalah mengubah wacana orang-orang terhadap Indonesia timur itu bagaimana. Yang lebih penting, mengubah wacana orang timurnya sendiri," ucap Arie Kriting.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.