Kompas.com - 19/07/2021, 13:51 WIB
Film solo Black Widow dengan bintang Scarlett Johansson akan diputar pada 1 Mei 2020. Instagram/Marvel StudiosFilm solo Black Widow dengan bintang Scarlett Johansson akan diputar pada 1 Mei 2020.

KOMPAS.com - Para pemilik bioskop di Hollywood memprotes keras perilisan film Black Widow di Disney+.

Mereka beranggapan hal itu merusak pasar karena dirilis secara bersamaan di bioskop dan layanan streaming Disney+ pada 9 Juli lalu.

Film yang dibintangi oleh Scarlett Johansson ini meraup pendapatan sebesar 80 juta dollar AS (Rp 67,7 miliar) pada pekan perdana penayangannya di Amerika dan Kanada.

Angka tersebut memecahkan rekor pendapatan terbesar sebuah film di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Space Jam: A New Legacy Geser Black Widow di Puncak Box Office Hollywood

Catatan apik Black Widow semakin terasa manis dengan tambahan uang sebesar 60 juta dollar AS (Rp 50,8 miliar) yang disebut Marvel datang dari Disney+.

Disney mengklaim bahwa mereka mengantongi pendapatan pembukaan global sebesar 200 juta dollar dari bioskop dan layanan streaming mereka dari Black Widow.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepuluh hari setelah debut di pasar domestik, National Association of Theatre Owners atau NATO turut mengomentari pencapaian Black Widow.

Strategi perilisan Black Widow dikritik lantaran tak membantu industri bioskop yang tengah bangkit dari keterpurukannya sejak Mei 2020 seperti dilansir Variety.

Baca juga: Segera Tayang, Berikut 4 Fakta Menarik Film Black Widow

Keberhasilan Disney semakin membuat studio-studio lain mengesampingkan nilai eksklusivitas untuk merilis film di bioskop sebelum dijual ke layanan streaming.

Sebelum era pandemi, film-film besar biasanya harus bertahan setidaknya 75 hari di layar lebar sebelum beralih ke layanan streaming.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Variety
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.