Kompas.com - 21/06/2021, 22:06 WIB
SMKN 2 Kasihan Bantul atau yang dikenal SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta menggelar konser bertajuk ?La Nostra Voce? yang tayang perdana 18 Mei 2021, digarap sebagaimana layaknya sebuah film musikal. DOK. SMM YOGYAKARTASMKN 2 Kasihan Bantul atau yang dikenal SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta menggelar konser bertajuk ?La Nostra Voce? yang tayang perdana 18 Mei 2021, digarap sebagaimana layaknya sebuah film musikal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 21 Juni adalah salah satu hari spesial bagi seluruh pihak yang terjun di dunia musik di seluruh dunia.

Pada hari ini, musik dirayakan di seluruh dunia. Tak ketinggalan, beberapa musisi dan insan musik Tanah Air turut serta merayakannya. 

Selain itu, perayaan ini juga bisa bermakna tantangan bagi dunia musik Tanah Air yang sedang disibukkan dengan penerapan PP Royalti tentang musik yang belum lama ini diteken Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Diperingati Setiap 21 Juni, Ini 5 Fakta Penting Hari Musik Dunia

Berikut beberapa fakta yang dirangkum Kompas.com.

Sejarah

Momen Hari Musik Sedunia (Fete de La Musique) pertama kali dirayakan masyarakat Prancis pada tahun 1982 dan bertepatan dengan perayaan Summer Solstice. 

Ide awal hari musik berasal dari Menteri Seni dan Kebudayaan Prancis, Jack Lange dan komposer Maurice Fleuret. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fleuret memiliki peran penting dalam memulai lahirnya hari musik.

Pemerintah Prancis saat itu bahkan mendeklarasikan libur nasional pada 21 Juni untuk merayakan Fete de La Musique atau Festival Musik. 

Sejak saat itu, Summer Solstice diperingati juga sebagai Hari Musik Sedunia dan akhirnya membuat musik menjadi sangat terkenal di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Kata Bens Leo soal Hari Musik Nasional, Tetap Berkarya hingga Soroti Cover Lagu Tanpa Izin

Tantangan 

Di Tanah Air, bertepatan dengan hari musik sedunia ini, Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) menggelar sebuah diskusi yang membicarakan tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 terkait Pengelolaan Royalti dan Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X