Kompas.com - 21/06/2021, 16:11 WIB
Ridho Slank Tangkapan layar YouTube ARI LASSO TVRidho Slank

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris Slank, Ridho Hafiedz, sempat sekolah musik di Musician Institute, Kalifornia, Amerika Serikat pada 1995.

Ridho berujar, secara dasar dan teori, edukasi musik di Amerika yang dia dapatkan sama seperti di Indonesia.

Hanya saja ada satu pengalaman yang sangat membekas di hati Ridho selama bersekolah di negeri Paman Sam tersebut.

Baca juga: Sebelum Bergabung, Ridho Hafiedz Kira Slank Grup Band Asal Malaysia

"Justru bukan edukasinya, emosinya. Kita belajar musik, basic-nya sama saja kalau teori. Tapi yang merasa beda itu, bagaimana mereka itu appreciate orang lain," ujar Ridho seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Ivanka TV, Senin (21/6/2021).

Pemilik nama lahir Mohammad Ridwan Hafiedz itu menceritakan, di Musician Institute kerap kali menggelar mini konser dan dosen selalu menyuruh mahasiswanya tampil di perhelatan tersebut.

Rupanya bukan hanya mahasiswa saja, Ridho mengatakan gitaris seperti Eddie Van Halen hingga Steve Vai turut menunjukkan kebolehannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cerita Ridho Slank Diacuhkan Dosen Blues Saat Kuliah di Amerika

"Di panggung itu, dari yang namanya bodoh sampai yang jago, main itu selalu di-applaus. Jadi gue pikir, saat gue di panggung itu, 'gila, yang nonton gue Billy Sheehan sekalipun gue enggak takut," ungkap Ridho.

"Jadi, kaya PD (percaya diri) saja gitu. Karena gue pikir, gue jadi diri sendiri. Gue main salah pun waktu itu, mereka tetap berdiri dan berikan applaus. Walau setelah itu kita ketemu saling cuek," ujar Ridho melanjutkan.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.