Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperingati Setiap 21 Juni, Ini 5 Fakta Penting Hari Musik Dunia

Kompas.com - 21/06/2021, 11:40 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Siapa yang belum tahu jika hari ini 21 Juni merupakan hari musik dunia?

Diperingati di seluruh dunia dengan berbagai cara, biasanya setiap tanggal 21 Juni orang akan turun ke jalan untuk bermain dan menikmati musik. Tapi tidak demikian dengan tahun ini karena pandemi Covid-19.

Ingin tahu lebih banyak tentang sejarah dan fakta menarik lainnya tentang hari musik dunia yang diperingati hari ini, berikut beberapa faktanya.

Sejarah

Hari musik dunia pertama kali dirayakan tahun 1982 di Prancis dimana tanggal 21 Juni juga merupakan perayaan Summer Solstice.

Ide awal hari musik berasal dari Menteri Seni dan Kebudayaan Prancis, Jack Lange dan komposer Prancis, Maurice Fleuret. Fleuret memiliki peran penting dalam memulai lahirnya hari musik.

Mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan, ketika pemerintah mendeklarasikan libur nasional pada 21 Juni untuk merayakan Fete de La Musique atau Festival Musik.

Sehingga sejak saat itu Summer Solstice diperingati juga sebagai Hari Musik Sedunia yang akhirnya membuat musik menjadi sangat terkenal di berbagai belahan dunia.

Awalnya dirayakan 5 juta orang

Menurut makemusicday.org, setidaknya 8 persen orang Prancis (sekitar 5 juta orang) berpartisipasi di acara tersebut dengan memainkan instrumen atau menyanyi di tempat umum.

Pengalaman bermain atau mendengarkan musik terkadang bisa menjadi euforia. Di dunia yang penuh dengan stres dan kecemasan ini, menjadi lebih penting untuk merayakan Hari Musik Sedunia.

Dirayakan di 120 negara

Kini hari musik dirayakan di lebih dari 120 negara, seperti India, Italia, Australia, Amerika Serikat, Jepang, China, Malaysia.

Dimana mereka juga turun ke jalan, menggelar konser gratis di area umum, seperti taman, stadion. Penikmat musik juga menggelar konser musik dan event berbeda di hari spesial ini.

Namun karena pandemi Covid-19, perayaan hari musik dunia tidak dirayakan secara meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Banyak organisasi dan perusahaan musik biasanya akan memilih menggelar konser online, kompetisi atau festival musik untuk memperingati hari musik sedunia.

Tema hari musik dunia 2021

Tahun ini hari musik dunia memiliki tema "Musik di Persimpangan" nama lain event ini adalah "Make Music Day" atau "Hari Membuat Musik" yang menekankan pada pentingnya memupuk hasrat seseorang untuk musik dan berbagi musik dengan semua orang tanpa batasan apa pun.

Pentingnya hari musik

Hari Musik Sedunia diperingati untuk memberikan musik gratis bagi semua pecinta musik dan menyediakan platform bagi musisi amatir dan profesional untuk menunjukkan bakat mereka kepada dunia.

Hal ini dirayakan untuk menyoroti pentingnya musik dan bagaimana itu bermanfaat bagi pikiran dan tubuh manusia.

Banyak penelitian dan ahli telah menunjukkan, musik membantu mengurangi stres, memberikan tidur yang lebih baik dan membuat kita terus berjalan.

Terapi musik telah membuktikan keajaiban bagi orang-orang yang berjuang melawan masalah mental dan juga dapat membantu seseorang untuk berolahraga lebih baik.
Dengan jenis musik yang tepat, orang dapat berkonsentrasi pada pekerjaan mereka dan juga tampil lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com