Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2021, 07:29 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari keluarga penyanyi cilik Leony Vitria. Sang ayah, Andy Hartanto, meninggal dunia pada Selasa (15/6/2021).

Leony baru menyampaikan kabar duka tersebut pada Minggu (20/6/2021) melalui akun media sosialnya karena masih dalam kondisi berduka.

"Selasa, 15 Juni 2021 pukul 21.23 papi pergi untuk selamanya.. Padahal pagi-siang kita masih bercanda, malamnya papi udah gak ada.. walaupun ngagetin, tapi papi perginya tenang banget, sambil dipegang tangannya sama mami..," tulis Leony dalam unggahan di akun @leonyvh.

Melalui Instagram Story, Leony menceritakan kronologi meninggalnya sang ayah yang disebutnya cukup cepat dan damai.

"Papi sedang enggak sakit apa-apa, hari Selasa pagi-siang masih melakukan kegiatan seperti biasa..masih sempat masak bubur ayam request-nya mami," tulis Leony.

Mendadak pukul 11.30 ayahnya mengaku merasa lemas dan ternyata serangan stroke, sehingga Leony dan keluarga mencoba mencari ambulans tetapi gagal, akhirnya mereka membawa ayahnya dengan mobil sendiri.

"Ternyata serangan stroke, langsung kami cari ambulans tapi enggak dapat, akhirnya kita gotong papi ke mobil, kita bawa sendiri ke RS," tulisnya.

Di perjalanan, kondisi ayahnya sudah tidak sadar, dan selama mencari unit gawat darurat (UGD) mereka tidak bisa ditangani karena beberapa UGD yang didatangi penuh.

"Sampai akhirnya jam 13.30 di RS yang ke-4, yang kami datangi dapat masuk UGD di salah satu RS di Tangerang," kata Leony.

Menjalani pemeriksaan, ternyata dari hasil CT scan diketahui ada pembuluh darah pecah dan sudah menyebar sampai ke batang otak.

Pilihan dari dokter adalah untuk operasi, tetapi kemungkinan berhasilnya kecil.

"Jadi di operasi atau tidak operasi, risikonya sama: kematian," tulisnya.

Akhirnya keluarga memutuskan untuk tidak membuat ayah mereka menderita dengan melakukan operasi, dan membiarkan ayah mereka pergi dengan tenang ditemani keluarga.

"Selama di UGD, kami langsung mempersiapkan hati untuk melepas papi, kami temani terus-terusan, mami juga enggak lepas pegangin tangan papi sambil terus kita ajak ngobrol," kata Leony.

"Kami cuma ingin papi bisa istirahat dengan tenang, dan pada pukul 21.23 papi menghembuskan nafas terakhirnya sambil pegangan tangan sama mami," imbuhnya.

Ayah Leony kemudian dikremasi pada Sabtu (19/6/2021).

Leony cerita kronologi kematian ayahnyaInstagram @leonyvh Leony cerita kronologi kematian ayahnya
Leony cerita kronologi kematian ayahnyaInstagram @leonyvh Leony cerita kronologi kematian ayahnya
Instagram LeonyInstagram @leonyvh Instagram Leony

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com