Kompas.com - 12/06/2021, 15:03 WIB
Aswin Nur Cahya, seorang pekerja anime asal Indonesia yang terlibat di pembuatan Tokyo Revengers. YouTube Muse IndonesiaAswin Nur Cahya, seorang pekerja anime asal Indonesia yang terlibat di pembuatan Tokyo Revengers.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi talenta Indonesia berkiprah di kancah internasional. Dialah Aswin Nurcahya yang terlibat di pembuatan anime Jepang berjudul Tokyo Revengers.

Aswin bekerja pada bagian visual effects compositing dalam anime tersebut.

"Jadi kerjanya itu, hasil animasi dan juga background disatukan di software After Effect. Dikasih beberapa efek cahaya, ditambahin gerakan kamera zoom out zoom in dan lain-lain, kasih filter juga biar lebih menari, lebih keren lagi," jelas Aswin, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Muse Indonesia, Sabtu (12/6/2021).

Banyak teknik editing dan efek yang ia gunakan dalam sebuah adegan. Misalnya dalam adegan melempar sepeda, gambar utama yang disorot adalah tengah sepeda lalu ditambahkan efek zoom out.

Pekerjaan yang harus dilakukannya termasuk tahap yang paling penting, yaitu final touch.

"Benar-benar harus hati-hati jangan sampai ada yang salah karena bagian paling ujung di proses animasi. Jadi harus benar-benar di cek berulang kali hasilnya biar enggak salah," tutur Aswin.

Aswin menggarap Tokyo Revengers khususnya di episode 7 dan 8.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena dimulainya dari episode 7 yang tim kami," ujarnya.

Pemuda berusia 26 tahun ini sekarang tinggal di Jepang dan bekerja di salah satu studio animasi.

Ia memiliki nama panggilan Jepang, Hikaru.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.