Kompas.com - 08/06/2021, 15:35 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Jumat (4/6/2021). SHUTTERSTOCK/MR PICKMeghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Jumat (4/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com- Putri pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan mendapat gelar putri, sampai nanti ratu meninggal dunia dan pangeran Charles naik takhta.

Bayi yang diberi nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor tidak memiliki gelar resmi sama seperti kakaknya, Archie.

Tapi itu akan berubah, mereka akan mendapat gelar HRH (His Royal Highness/ Her Royal Highness) ketika Charles menjadi raja, karena hak waris mereka naik, menjadi putra seorang raja.

“Sama seperti Archie tidak mendapat gelar pangeran, dia (Lilibet) juga tidak akan mendapat gelar putri. Hanya cicit dari kerajaan yang otomatis mendapat gelar putri atau pangeran," kata ITV Royal Editor Chris Ship.

Ketiga cicit kerajaan yang mendapat gelar itu adalah Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, yang mendapat antrean tiga, empat dan lima sebagai pewaris takhta. 

Baca juga: Ratu Elizabeth II Sambut Bahagia Kelahiran Lilibet Diana, Putri Meghan dan Harry

Namun aturan rumit, yang berasal dari George V, sebelumnya telah memicu kontroversi besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada kebingungan besar ketika Meghan dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, mengatakan disarankan keluarga kerajaan, yang diduga melucuti Archie dari gelar pangerannya sebelum dia lahir.

Meghan mengatakan, dia merasa sejak awal kehamilan pertamanya, aturan itu diubah secara tidak adil dan tidak dapat dijelaskan untuknya.

"Pada bulan-bulan ketika saya hamil, jadi kami memiliki percakapan bersama, 'kamu tidak akan diberi perlindungan dan tidak akan diberi gelar' juga kekhawatiran tentang betapa gelap kulitnya nanti saat dia (Archie) lahir," kata Meghan.

Baca juga: Cerita Manis di Balik Nama Lilibet Diana, Bayi Meghan-Harry

Para ahli kerajaan telah menolak klaim tersebut, mengutip aturan dari tahun 1917 adalah sebagai alasan mengapa Archie dan sekarang Lilibet belum menjadi HRH.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X