Kompas.com - 08/06/2021, 13:47 WIB
Taxi Driver Instagram @sbsdrama.officialTaxi Driver

JAKARTA, KOMPAS.com- Tidak semua drama Korea mengusung cerita fiksi. Masih ada beberapa drama yang sebenarnya diangkat dari kisah nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dari profesi yang mungkin awalnya tak dikenal orang hingga kasus pembunuhan yang benar-benar terjadi. Siapkan diri mengetahui kisahnya, karena mungkin ada beberapa drama yang sudah ditonton juga tanpa tahu sebenarnya ada kisah nyata di balik drama tersebut.

Signal

Dibintangi lee Je Hoon, Kim Hye Soo, drama ini diangkat dari kasus nyata di Korea Selatan.

Termasuk kasus penyekapan Park Chorong Bitnari dan pembunuhan berantai yang terjadi di provinsi Gyeonggi.

Baca juga: Sinopsis Signal, Saat Detektif dari Dua Masa Bekerja Sama, Tayang di Netflix

Hymn Of Death

Drama yang belakangan ini menjadi perbincangan. Dibintangi Lee Jong Suk dan Shin Hye Sun, drama ini terinspirasi dari lagu terkenal Korea berjudul "Praise of Death".

Tapi tidak itu saja, cerita dalam drama ini sebenarnya diangkat dari cerita nyata, kisah cinta tragis antara penyanyi soprano profesional Yun Sim Deok yang bertemu penulis terkenal bernama Kim Woo Jin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kisah cinta terlarang antara keduanya yang berujung dengan kematian, bersiaplah menangis ketika menonton drama ini.

Taxi Driver

Baca juga: Jelang Episode Terakhir, Taxi Driver Kembali Cetak Rating Tertinggi

Beberapa kasus kriminal yang diangkat di drama ini benar-benar terjadi di dunia nyata.

Sebagai contoh kasus Cho Doo Soon, ini muncul di episode-episode awal drama, tentang pemerkosa anak terkenal yang bebas dari penjara setelah hanya menjalani hukuman 18 bulan penjara, dan memicu kemarahan serta protes diantara warga Korea Selatan.

Move To Heaven

Dibintangi Lee Je Hoon, Tang Joon Sang dan Hong Seung Hee, drama ini terinspirasi dari esai non fiksi Things Left Behind dari Kim Sae Byul, seorang pembersih trauma.

Dalam sebuah wawancara dengan The Korea Times, dia bercerita pengalamannya membersihkan rumah pria 70 tahun, yang meninggal seorang diri dan ditemukan setelah beberapa minggu kemudian.

Baca juga: Kisahkan Pembersih Trauma, Ini 5 Alasan Tak Boleh Lewatkan Move to Heaven

Walaupun dalam bentuk karakter yang berbeda, pengaturan yang tepat ini ditampilkan dalam sebuah episode Move To Heaven yang membuat penonton semua menangis.

Gap Dong

Penyuka serial thriller kriminal akan menyukai drama ini.

Gap Dong menampilkan kasus pembunuhan berantai Hwaseong yang terjadi antara 1986 dan 1991 di lingkungan Taean di Hwaseong Korea Selatan. Saat itulah sepuluh wanita diperkosa dan dibunuh.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X