Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Sebab Tere Liye Mendadak Heboh Hingga Trending Twitter

Kompas.com - 25/05/2021, 11:35 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Penulis buku Tere Liye kembali menjadi sorotan. Ucapannya di salah satu unggahan di media sosial menjadi perbincangan ramai pengguna media sosial. 

Padahal, Tere Liye sebenarnya mengeluhkan tentang pembajakan buku yang dianggap sebagai hal lumrah dalam masyarakat, tapi telah merugikan banyak orang. Mulai dari penulis, editor, penerbit, dan masih banyak lainnya. 

"Nah, kalau kamu benar-benar tidak punya uang. Aduh, kan bisa pinjam. Bisa download aplikasi ipusnas. Gratis malah bacanya. Ada yang gratis, kamu malah beli bajakan. Bikin kaya pembajak dan marketplace, kan goblok banget," tulis Tere Liye di laman Facebook.

"Keluarga kamu kalau kerja HARUS dapat gaji, dapat THR, dapat bonus. Tidak dibayar, kamu dijamin ngamuk. Tapi lihat penulis buku dibajak, kamu komen sok bijak sekali: 'anggap saja amal'. Dasar goblok, kezaliman massal dilakukan di depanmu, kamu sok bijak," tulis Tere Liye lagi.

Unggahan Tere Liye yang kemudian diunggah ulang oleh akun @harisFQ sebenarnya hanya sebagian dari sejumlah keluhan Tere Liye tentang pembajakan buku.

Pemilik akun @harisFQ itu menyayangkan ucapan Tere Liye yang dianggap kasar terhadap orang-orang yang membeli buku yang disebut mayoritas pembaca buku Tere Liye adalah anak SMP dan SMA.

"Masalahnya, Bung Tere, audiens buku anda itu mayoritas anak smp dan sma yang belom engeuh sama isu pembajakan buku," tulis akun @harisFQ.

"Baik itu buku fisik maupun ebook. Sekarang mereka yg polos itu anda dungu dan goblokkan, makin nampaklah arogansi anda Bung Tere," tulis akun tersebut.

Unggahan Haris kemudian mendapat ramai komentar pro kontra dari netizen. Ada yang tetap mendukung Tere Liye dan ada juga yang mendukung Haris dan menyayangkan ucapan Tere Liye.

"Tere Liye bisa menemukan kata-kata yang lebih baik. Tapi twit ini mengganti prioritas masalahnya, menunjuk pada masalah yang kurang penting," tulis akun @hasssnnnaaa.

"Gue kalau jadi Tere Liye juga bakal marah kayak gitu sih, biar ketampar semua orang yang beli buku bajakan, kalau bisa sampai proses hukum yang jual ecommerce," tulis @indisguiseside.

"Kata-katanya emang kasar, tapi menurutku Tere Liye udah marah banget dengan pembajakan buku. Kok semuanya pada fokus ke kata kasar dibandingkan orang-orang yang menormalisasi pembajakan buku??" tulis @merumput_.

"Temenku yang udah kuliah aja ada yang belum bisa bedain buku bajakan, tapi kata-kata Tere Liye ini terlalu kasar sih," tulis @sshimmeringg.

"Kita enggak bisa ngontrol Tere Liye, kita enggak tahu semarah apa dia di balik buku-bukunya sampai dia nulis satu buku tentang pembajakan," tulis @xxfyxa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com