Kompas.com - 14/05/2021, 19:47 WIB
Soleh Solihun saat berbincang dengan Sule YouTube SULE ChannelSoleh Solihun saat berbincang dengan Sule

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara dan komika Soleh Solihun mengakui, ia bukan contoh yang baik dalam dunia stand up comedy.

Pasalnya, Soleh Solihun secara blak-blakan tak mengerti untuk mengaplikasikan teori stand up comedy.

Selain itu, Soleh Solihun juga tak biasa menulis bahan materi stand up.

“Saya tuh bukan contoh yang baik kalau di stand up. Kalau Pandji (Pandji Pragiwaksono), rata-rata sebagian besar komika di Indonesia pada nulis kan,” kata Soleh dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Sule Channel, Jumat (14/5/2021).

“Nulis dalam arti gini, kalimatnya ditulis, lawakannya apa, set up-nya apa. Sebagian besar komika di seluruh dunia lah ya dan di Indonesia khususnya biasanya nulis. Saya (enggak nulis) karena enggak ngerti,” ujar Soleh Solihun lagi.

Baca juga: Sebut Beban Jadi Komika, Soleh Solihun: Pusing Cari Materi

Kendati begitu Soleh mengatakan mengerti soal teori dari stand up comedy. Hanya saja dia merasa kesulitan saat mengaplikasikannya ketika tampil sebagai komika.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya tahu teorinya, set up, premis, set up, punch line. Tapi susah (ditulis), karena gaya saya bukan seperti itu,” ungkap Soleh.

Lebih lanjut, Soleh Solihun menyatakan, lebih nyaman saat melempar lawakan-lawakan secara spontan.

“Karena saya berangkat dari MC jadi lawakannya banyaknya spontan atau kontekstual. Kalau di event, ada apa saya komentarin, jadi lucu. Nulisnya dibikin poin-poin saja,” tutur Soleh Solihun.

Baca juga: Soleh Solihun Akui Tak Bisa Aplikasikan Teori Stand Up Comedy


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X