Kompas.com - 14/05/2021, 19:25 WIB
Soleh Solihun yang sedang berbincang dengan Sule YouTube Sule ChannelSoleh Solihun yang sedang berbincang dengan Sule

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Soleh Solihun mengungkapkan beban ketika menjadi komika.

Lewat kanal YouTube Sule Channel, Soleh Solihun menyebut, apa pun yang dilakukan mesti lucu di depan publik yang menyaksikannya.

“Beban, kayak gini kan harus lucu, ngobrol juga. Apalagi sama pelawak senior (ngobrolnya). Kalau enggak lucu, malu-maluin. Beban sebenarnya kalau gini, ketemu Anda,” kata Soleh tertawa dikutip Kompas.com, Jumat (14/5/2021).

Tak hanya harus lucu, Soleh Solihun mengatakan, seorang komika harus pandai dalam meracik materi lawakan di atas panggung.

Baca juga: Soleh Solihun Akui Tak Bisa Aplikasikan Teori Stand Up Comedy

Oleh karenanya, sebisa mungkin Soleh menyuguhkan materi yang tak diulang-ulang saat tampil.

“Kalau mau bikin show harus cari materinya. Kalau tapping di TV, ‘aduh ini udah pernah’, kan pusing nyari lagi materi. Kalau beda TV kan ‘ah ini udah pernah dibawain di TV ini’,” ucap Soleh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Susahnya gitu. Kalau kita ngulang nanti yang nonton (bilang) ‘ya ini udah pernah di tv ini’, kan enggak gampang bikin,” ujar bintang film Mau Jadi Apa? tersebut melanjutkan.

Kemudian, Soleh Solihun juga mengakui, sangat sulit mencari sebuah materi lawak yang benar-benar baru.

“Saya rasa semua lawakan juga susah ya, mau grup mau sendiri susah. Dan yang paling penting kan, orang mengerti apa enggak sama lawakannya (kita)” ujar Soleh Solihun.

Baca juga: Awal Mula Soleh Solihun Jadi Komika: Zaman Segitu Gue Sudah Dibayar


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X