Kompas.com - 11/05/2021, 10:20 WIB
Ilustrasi pengeditan film, termasuk elemen music scoring di dalamnya. SHUTTERSTOCK/PRINCE OF LOVEIlustrasi pengeditan film, termasuk elemen music scoring di dalamnya.

KOMPAS.com – Menonton film akan terasa hambar apabila tidak didukung dengan musik pengiring yang mampu meningkatkan mood dan membawa perasaan.

Seperti kita ketahui, hampir setiap sinema saat ini memiliki musik pengiring yang berfungsi memberikan nyawa dan warna untuk film. Pemberian musik sebagai pengiring cerita dalam film ini biasa dikenal dengan film scoring.

Ditulis Kompas.com, Rabu (30/10/2019), praktik scoring dalam film bukanlah hal baru. Tren ini mulai berkembang sejak 1940-an. Bentuk awalnya merupakan orkestra live yang mengiringi pemutaran film bisu.

Selepas itu, penyisipan musik sebagai pengiring film pun mulai digandrungi. Beberapa scoring bahkan menjadi identitas dari film tertentu.

Baca juga: Music Scoring, Elemen Penting Film yang Sering Terabaikan

Contohnya adalah scoring dalam film Schindler’s List (1993) yang ditulis komposer John Williams. Scoring ini secara sempurna menggambarkan kesedihan mendalam para umat Yahudi akan presekusi kejam yang diakukan tentara Nazi Jerman pada era Perang Dunia II.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membentuk mood penonton, komposer harus bisa menyampaikan visi sutradara atau pembuat film agar musik yang mereka buat bisa menggugah perasaan penonton.

Sama halnya dengan beberapa sosok jenius musik di bawah ini. Karena kecakapannya membuat film scoring, komposer-komposer ini seringkali mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Best Original Score.

Merangkum Screen Rant, Senin (10/5/2021), berikut daftar sepuluh komposer musik untuk film legendaris yang membuat film-film lebih hidup.

Baca juga: Film Tron 3 Segera Diproduksi, Daft Punk Kembali Dipercaya Mengisi Scoring

1. John Williams

John Williams mungkin menjadi salah satu komposer musik untuk film yang paling dikenal khalayak luas. Beberapa karya ikonik Williams bisa ditemukan dalam film-film legendaris, seperti Jaws (1975), Star Wars, Harry Potter, Jurassic Park, Schindler’s List (1993), E.T the Extra-Terrestrial (1982), hingga Saving Private Ryan (1998).

Sepanjang kariernya, ia berhasil mengantongi 52 nominasi Oscar dengan lima kemenangan Best Original Score untuk Fiddler on the Roof (1971), Jaws (1975), Star Wars: A New Hope (1977), E.T the Extra-Terrestrial (1982), dan Schindler’s List (1993).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X