Video Musiknya Digarap Pakai Perangkat Jadul, Twenty One Pilots Sanjung Animator Indonesia Pinot Wahyu

Kompas.com - 10/05/2021, 11:35 WIB
Duo personel Twenty One Pilots, Tyler dan Josh, dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/5/2021). KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIODuo personel Twenty One Pilots, Tyler dan Josh, dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu, grup band Twenty One Pilots ternyata pernah berkolaborasi bersama salah satu seniman animasi Tanah Air, Pinot Wahyu Ichwandardi. 

Pinot dipercaya untuk menggarap animasi video musik lirik lagu Twenty One Pliots bertajuk "Level of Concern".

Uniknya, animasi ini dibuat menggunakan perangkat jadul Macintosh SE/30 yang dirilis Apple pada awal 1991.

Baca juga: Twenty One Pilots Ungkap Hal Paling Menarik dalam Penggarapan Album Scaled and Icy

Dua personel Twenty One Pilots, Tyler dan Josh mengakui kehebatan Pinot sebagai salah satu seniman yang punya bakat alam.

"Pinot benar-benar hebat, kami melihat karya seninya. Untuk kamu yang tidak tahu, lagu kami (lirik MV) 'Level of Concerns' dibuat oleh seniman terkenal dari Indonesia, talentanya sangat luar biasa," ujar Josh kepada Kompas.com saat konferensi pers daring, baru-baru ini.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Screen - Twenty One Pilots

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Josh menambahkan, meski proses kerja Pinot menggunakan teknologi tua, ia tetap mampu menghasilkan karya yang hebat dan patut diapresiasi orang banyak.

Saat itu, Pinot menggunakan software MacPaint dan MacroMinds Director.

Sebagai tambahan, tablet menggambar Calcomp Wiz juga ia pakai.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Shy Away dari Twenty One Pilots

Sebuah laptop jadul Apple iBook keluaran 1999 digunakan Pinot untuk menghubungkan perangkat modern dan lawas.

"Dia (Pinot) bekerja menggunakan komputer Apple tua. Dia menjalin video dengan gambar per adegan, per frame. Jadi, bisa dibilang dia mencipta ulang semua MV kami di komputernya, tentunya membutuhkan waktu berjam-jam, dia sudah menghidupkan lagu kami," lanjut Josh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X