Jadikan Perceraian Orangtua Pelajaran, Zaskia dan Shireen Bikin Janji Tak Ingin Ulangi Saat Berkeluarga

Kompas.com - 05/05/2021, 14:18 WIB
Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAShireen Sungkar dan Zaskia Sungkar saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar merasakan pahitnya perceraian kedua orangtua.

Meski demikian, Zaskia memetik semua hikmah dari kejadian itu hingga akhirnya dia bisa lebih dewasa menghadapinya.

Baca juga: Setelah Punya Anak, Zaskia Sungkar Merasa Tertampar Pernah Abaikan Pesan Ibu

"Semuanya proses, aku enggak langsung kayak gitu, langsung dewasa, aku proses pendewasaan diri, semua orang aku rasa mengalami itu," kata Zaskia Sungkar dikutip dari YouTube Venna Melinda Channel, Rabu (5/5/2021).

Menurut Zaskia, masalah bisa membuat seseorang belajar lebih dewasa dalam menjalani hidupnya.

"Bagaimana kita melihat orang lain menyelesaikan masalah, orang-orang positif di sekitar kita, yang kita contoh," ucapnya.

Baca juga: Sebelum Hamil, Zaskia Sungkar Jarang Balas Pesan Ibunya, Kenapa?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Justru dari kegagalan pernikahan kedua orangtuanya itu, Zaskia membuat janji dengan sang adik untuk tidak mengulangi hal yang sama.

"Sudah qadarullah mama papa pisah, dulunya sering ribut alhamdulillahnya enggak impact apa pun untuk pernikahan anak-anaknya," kata Zaskia.

"Malah kita pernah ada omongan 'dek (Shireen), apa yang dulu kita alami. Mungkin yang sebenarnya berbekas di kita justru kita jadikan pelajaran, jangan kita terapkan itu ke anak-anak kita nanti,'" katanya melanjutkan.

Baca juga: Telapak Tangan Zaskia Sungkar Memerah Setelah Cuci Pakaian, Irwansyah Panik

Zaskia tak menyalahkan kedua orangtuanya atas perceraian tersebut. Menurut dia, setiap manusia tak luput dari kesalahan.

"Orangtua ngelakuin itu bukan karena enggak sayang sama kita, tapi kadang-kadang itu di luar kesadaran mereka, karena kita semua manusia biasa," ujarnya.

Istri Irwansyah ini mengganggap dirinya bukan orang yang penuh drama dalam menjalani hidup.

"Mungkin kita juga tipe orang yang enggak drama, jadi enggak complicate, kalau ada masalah juga ya sudah jalani saja gitu," tutur Zaskia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X