Kompas.com - 04/05/2021, 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal kariernya, pelukis senior Eko Nugroho telah menetap di Yogyakarta dan bertumbuh di sana.

Pelukis berusia 43 tahun itu menuturkan, suasana berkesenian di Yogyakarta sangat mendukungnya untuk terus berkembang.

Hal itu diungkap saat berbincang bersama Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho, dalam program Beginu Season 2 Episode 10: Eko Nugroho, Seni Jalanan, Spons dan Filsafat Ember Bocor. 

Baca juga: Eko Nugroho Bicara soal Masalah Plagiarisme di Kalangan Pelukis

"Yogyakarta itu unik, bukan sekadar geografis, suasananya itu di sini seni rupa. Yogya itu laboratorium seni rupa. Laboratorium kesenian itu di Yogyakarta," ujar Eko dikutip dari kanal YouTube Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Jika disuruh memilih, Eko dengan tegas tetap memilih Yogyakarta untuk tempatnya berkesenian dibandingkan Jakarta.

Namun, Eko tidak menutup kemungkinan untuk tampil di ibu kota.

Baca juga: Eko Nugroho: Seniman Itu Enggak Bisa Hidup Sendiri

"Ada banyak elemen yang bisa saya masukkan ke sini. Dan itu bisa juga saya distrbusikan nanti ke Jakarta. Itu sudah saya pikirkan. Jakarta itu profit yang akan saya kembangkan," lanjut Eko. 

Pelukis yang pernah berkolaborasi dengan brand Louis Vuitton ini mengaku tipe pribadi yang juga mudah beradaptasi.

"Tidak menutup saya akan pindah, di mana pun saya tinggal, saya akan jadi spons. Dengan gaya baru suasana baru atau apa pun, ya persepsi saya sebagai orang kampung enggak berubah," tutur Eko. 

Baca juga: Jalan Kaki di Perth, Jangan Lupa Lihat Mural Karya Seniman Indonesia

Sebagai informasi, Eko pernah menjadi salah satu seniman jalanan Indonesia yang menggunakan mural sebagai cara untuk mengkritik situasi sosial, khususnya pada masa pasca-jatuhnya rezim Soeharto.

Namanya kian diperhitungkan di tingkat global ketika berpartisipasi pada Lyon Biennal (2009), 55th International Art Exhibition of the Venice Biennale (2013), dan melakukan kolaborasi bersama brand fashion internasional Louis Vuitton (2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.