Kompas.com - 28/04/2021, 19:43 WIB
Iko Uwais berpose saat wawancara khusus bersama Kompas.com di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanIko Uwais berpose saat wawancara khusus bersama Kompas.com di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan, banyak orangtua yang sudah mengenalkan anaknya untuk berpuasa.

Hal itu dilakukan oleh Aktor Iko Uwais kepada dua anaknya, yakni Atreya Syahla Putri Uwais dan Aneska Layla Putri Uwais.

Pemain film The Raid ini mengatakan, ia telah memberikan pengertian soal berpuasa pada anak-anaknya sejak kecil.

Namun, Iko Uwais mengaku, belum mewajibkan anak-anaknya untuk puasa satu penuh.

“Oh iya pasti dong (ngajarin anak puasa). Kalau masalah agama sejak dini sih, walaupun bolong-bolong, minimal bukan yang diajarin keras yang harus puasa full satu harian,” ujar Iko Uwais dikutip Kompas.com dari kanal YouTube MOP Channel, Rabu (28/4/2021).

Iko Uwais mengatakan, ia dan istrinya, Audy Item melatih anak-anaknya untuk berpuasa setengah hari saat bulan Ramadhan.

Baca juga: Iko Uwais Ungkap Bayaran Pertamanya Saat Terjun di Dunia Film

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, Iko Uwais mengaku, tak mau mengiming-imingi anaknya dengan memberikan hadiah apabila lancar berpuasa.

Hal itu dilakukan untuk menghindari anaknya dari ekspektasi dapat hadiah setiap menjalankan puasa.

“Takutnya kalau anak kecil dikasih iming-iming, terbiasa dikasih jadi, kalau orang Betawi bilangnya tuman, kebiasaan," kata Iko Uwais.

Pemilik nama asli Uwais Qorny ini lebih mengajarkan anaknya tentang puasa itu adalah suatu kewajiban umat muslim yang harus dijalani.

"Ini kewajiban ya itu dia dari dini. Yang saya ajarkan ikhlas, ini kita muslim diajarin sebagai muslim bukan karena ada imbalan. Emang pertama ada imbalan apa, cuma saya lebih ajarin ke dia basic agama aja sih," tutur Iko Uwais.

Baca juga: Honor Main Film Terbaru Capai Rp 14 Miliar, Iko Uwais: Bisa Buat Bayar Listrik


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X