Kompas.com - 23/04/2021, 11:19 WIB
Slank rilis album baru Slanking Forever batch ke-3 di Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIASlank rilis album baru Slanking Forever batch ke-3 di Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Slank merilis video musik lagu "Seleksi Alam". Lagu ini diambil dari album terakhir mereka, Vaksin.

Slank sengaja merilis video musik "Seleksi Alam" bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia.

Berikut rangkuman terkait pesan Slank di balik video musik tersebut.

Pesan

Lewat lagu "Seleksi Alam", Slank mengajak masyarakat untuk melindungi alam, terutama hutan hujan tropis di Papua dan Maluku.

Bekerja sama dengan EcoNusa Foundation, Slank berharap bisa menggerakan para Slankers dalam kampanye bertajuk "Defending Paradise".

"Kita kalau ngeluarin karya dari Slank itu selalu cari momentum supaya sebuah visi bisa terangkat. Kebetulan, kita ada lagu yang satu visi dengan Earth Day ini," ucap vokalis Slank, Kaka.

Baca juga: Pesan Slank di Balik Video Musik Seleksi Alam

Teguran untuk perusak alam

Lagu "Seleksi Alam" diciptakan oleh sang drummer, Bimbim, sebagai sebuah teguran untuk manusia yang gemar merusak alam.

Menurut Bimbim, setelah alam dirusak, manusia lalu cenderung marah ketika bencana alam tiba-tiba terjadi.

Manusia tak pernah introspeksi diri, apa yang telah mereka perbuat sehingga alam bisa seperti demikian.

"Itu yang seleksi alam kita angkat, 'hey, manusia introspeksi diri supaya kita bisa paling tidak membaca tanda-tanda kenapa alam bisa seperti ini'," ucap Bimbim.

Baca juga: Lagu Seleksi Alam, Teguran Slank untuk Manusia Perusak Alam

Ajakan menjaga alam

Selain itu, lewat "Seleksi Alam", para personel Slank mengajak semua masyarakat Indonesia untuk kembali melihat sekitar dan menjaga alam.

Menurut Slank, semua harus dimulai dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan sampah plastik.

"Yang punya hak hidup tuh bukan cuma manusia tapi tumbuhan dan hewan. Kalau alam dirusak, mereka jadi enggak bisa berkembang biak dan hidup. Kita harus menjaga alam," ucap Ridho Slank.

Baca juga: Kaka Slank: Yang Punya Hak Hidup Bukan Cuma Manusia, tetapi Juga Tumbuhan dan Hewan


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X