Kompas.com - 21/04/2021, 14:51 WIB
Penyanyi rap Saykoji saat tampil dalam diskusi bertajuk ?Indonesiana, Platform Kebudayaan? di Jakarta, Kamis (5/12/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAPenyanyi rap Saykoji saat tampil dalam diskusi bertajuk ?Indonesiana, Platform Kebudayaan? di Jakarta, Kamis (5/12/2019).
Penulis Cynthia Lova
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapper Igor Saykoji mengungkap pertama kali ia menulis lirik untuk lagu rap adalah saat duduk di bangku SMP.

Pelantun lagu “Online” ini menuliskan lagu soal dia yang terlambat ke sekolah karena bangun telat.

“Satu lagu rap yang pernah gue tulis enggak ada rekamannya. Itu waktu gue SMP, gue belum jadi rapper saat itu. Gue masih iseng. Cerita soal gue bangun telat terus ke sekolah terlambat,” ujar Saykoji dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Awal Suka Musik Rap, Saykoji Terinspirasi dari Iwa K Hingga Pesta Rap

Saykoji masih ingat betul lirik lagu rap yang ditulisnya saat itu.

"Bangun telat, gak pernah tepat, mandi cepat-cepat, nyabun gak tepat, pergi ke sekolah busnya lompat-lompat, sampai di sekolah akhirnya terlambat," Saykoji menceritakan lirik lagu rap pertamanya itu.

Lagu itu menceritakan keseharian yang biasa dialami banyak anak sekolah.

"Enggak ada garang-garangnya," ujar pria bernama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami tersebut.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Senandung Rindu dari Candil dan Saykoji

“Itu gue ingat banget, lirik lagu yang pertama kali gue tulis. Itu keseharian. Lux enggak ada garang- garangnya,” kata dia.

Sebelumnya, Saykoji mengungkap bahwa dia menyukai musik rap setelah mendengarkan lagu Iwa K hingga Pesta Rap.

“Tapi pas gue dengerin rap Indonesia gue baru sadar actually telling story yang mereka lihat, karya mereka. Jadi yang diceritakan itu keseharian mereka,” ujar Saykoji.

Baca juga: Igor Saykoji Bicara Sejarah dan Awal Kecintaannya pada Musik Hip Hop

Dari karya-karya mereka, Saykoji mengetahui bahwa rap tidak harus berisi kemarahan seperti yang biasa dibawakan rapper-rapper Amerika.

“Gue sadar bahwa oh ternyata ngerap menceritakan sesuatu ada rimanya kaya pantun dan nyeritainnya itu synchronize on top off music. Jadi gue ngerasa seru nih banyak yang gue bisa ceritain. Entah kehidupan, memandang kehidupan, values hidup gue,” tutur Igor Saykoji.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X