Kompas.com - 19/04/2021, 12:57 WIB
Penyanyi dan pencipta lagu Budi Doremi diabadikan dalam sebuah acara di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANPenyanyi dan pencipta lagu Budi Doremi diabadikan dalam sebuah acara di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Syahbudin Syukur atau biasa dikenal dengan nama Budi Doremi turut mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo meneken PP No. 56 Tahun 2021 tentang pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan atau Musik.

“Iya alhamdulilah sudah diapresiasi sama pemerintah untuk lebih serius lagi ngejagain karya teman-teman,” kata Budi Doremi saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Budi menyebutkan, sebetulnya yang dihadapi musisi adalah oknum penikmat musik yang tak acuh terhadap masalah hak cipta. Apalagi dengan meraup keuntungan lewat karya-karya orang lain.

“Karena mau bagaimana pun sebetulnya yang dihadapi sama teman-teman pelaku musik bukan mafia musik, tapi penikmat musik yang sudah terlanjur skip dengan hal sopan santun, harusnya ada,” ucap Budi.

Baca juga: Pernah Ditolak Ajukan Kredit, Budi Doremi Minta Kejelasan Profesi Musisi

Dan selain itu, penyanyi berusia 36 tahun ini berharap dengan munculnya PP Royalti Musik juga memunculkan kejelasan profesi sebagai musisi.

Tak hanya musisi, melainkan beberapa pelaku seni lain.

“Banyak banget teman-teman dari industri kreatif dalam hal ini adalah penggiat film dan sineas sebagainya, maksud gue kita tuh punya kejelasan dalam berprofesi,” tutur Budi.

Baca juga: Budi Doremi Pernah Merantau ke Berbagai Kota dan Jadi Gitaris sampai Produser Radio

“Kita ini tetap menyumbangkan banyak uang dalam membayar pajak tapi hal tersebut enggak sebagai profesi yang kalau ditanya sama calon mertua kamu kerjanya apa ‘musisi’ ‘wah enggak ada masa depan’, itu adalah sebuah kegagalan,” tambah Budi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X