Kompas.com - 11/04/2021, 08:53 WIB
Ardhito Pramono yang sedang berbincang dengan Onad. (Bidikan layar YouTube Onadio). KOMPAS.com/Revi C Rantung Ardhito Pramono yang sedang berbincang dengan Onad. (Bidikan layar YouTube Onadio).

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah mendapat penjelasan dari pihak tvN terkait penggunaan lagunya di acara variety Korea, penyanyi Ardhito Pramono menyoroti beberapa hal dari industri musik.

Mengakui kalau apa yang terjadi antara dia dan tvN adalah kesalahpahaman, Ardhito mempertanyakan tentang informasi penggunaan lagu yang tidak diketahuinya.

"Perselisihan paham dengan teman-teman dari Three Meals a Day sudah selesai, terima kasih sudah diputar lagu kami berkali-kali," tulis Ardhito.

Baca juga: Penjelasan tvN Setelah Dituding Gunakan Lagu Ardhito Pramono Tanpa Izin

Ardhito yang kemudian mendapati fakta tvN telah membayar royalti atas penggunaan lagu-lagunya melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, merasa ada yang aneh.

"Anehnya, saya sebagai produser dan pencipta lagu tidak pernah mendapatkan info tentang lagu-lagu yang digunakan," tulis Ardhito di Instagram Story.

"Mohon sekali @sonymusicid bersama @sonymusickorea bekerja sama dalam hal ini," imbuhnya.

Baca juga: Curhat Ardhito Pramono, Variety Show Korea Sering Gunakan Lagunya Tanpa Izin

Sementara itu, kepada orang-orang yang tidak mendukungnya berjuang mengenai royalti, Ardhito juga menyampaikan pesannya.

"Untuk teman-teman yang kontra akan hal ini, kami mohon pengertiannya. Mohon musisi/seniman lokal Indonesia dibantu dalam hal ini bukannya malah dihujat," tulis pelantun "Bitterlove" itu.

"Industri musik di sana (Korea) sudah sangat memadai, namun kita belum. Saya cinta Korea namun saya lebih cinta Indonesia," tulisnya di akhir pesan unggahan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X