Kompas.com - 09/04/2021, 20:52 WIB
Selebriti sekaligus traveler Ramon Y Tungka KOMPAS.com/RENI SUSANTISelebriti sekaligus traveler Ramon Y Tungka

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor peran Ramon Y Tungka ikut ambil bagian dalam program Candi Darling From Home, yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Lewat kegiatan ini Ramon mengajak generasi milenial untuk ikut menjaga kelestarian candi dengan menanam pohon.

Bersama pegiat alam Alfira Naftaly Pangalila, Ramon Y Tungka mengunjungi tiga candi di kawasan Yogyakarta, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo, dan Candi Barong.

"Kegiatan ini memadukan sisi merawat alam tetapi juga bisa jadi wisata sejarah," kata Ramon dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Ramon Y Tungka Jelajahi Afrika hingga Ekuador demi Riset Perubahan Iklim

Program menanam pohon di situs-situs kebudayaan itu diharapkan pemain film Catatan Akhir Sekolah tersebut bisa meningkatkan minat masyarakat, terutama generasi milenial, mengunjungi candi-candi.

Selain demi tujuan kelestarian lingkungan, program menananm pohon juga bisa semakin mempercantik dan menghijaukan kawasan candi.

"Bila semakin cantik, nantinya setelah situasi baik, pasti banyak dikunjungi wisatawan. Semoga upaya ini mendapat respons positif dari masyarakat," harap Alfira Naftaly Pangalila.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Zaimul Azzah, memberi apresiasi kegiatan Candi Darling from Home.

Baca juga: Pascacerai, Ramon Y Tungka Mengaku Banyak Didekati Wanita

Zaimul Azzah berharap kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap warisan sejarah bangsa.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X