Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandangan Doel Sumbang soal Musik Tanah Air di Era Digital 

Kompas.com - 07/04/2021, 19:34 WIB
Vincentius Mario,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Abdul Wahyu Afandi alias Doel Sumbang membagikan pandangannya tentang musik yang hidup di era digital saat ini.

Saat menjadi bintang tamu di podcast bersama Sule, Doel mengungkap bahwa digitalisasi musik memiliki kekurangan serta kelebihan. 

"Di era digital sekarang, kalau pemasaran membantu dan jangkauan lebih mudah. Tetapi kelemahannya, satu, kita enggak punya kebanggaan berupa bukti fisik. Kedua, sejauh mana pengelola jalur itu bertanggung jawab dan transparan," ujar Doel dikutip lewat kanal YouTube SULE Channel, Rabu (7/4/2021). 

Menurut penyanyi berusia 57 tahun ini, digitalisasi justru membuat transparansi manajemen musisi semakin berkurang. 

Baca juga: Jadi Musisi, Doel Sumbang Sempat Diusir dari Rumah oleh Ayahnya 

"Selama ini, menurut saya, (manajemen musisi) Jakarta sendiri belum transparan. Jadi tetap dengan teknologi apa pun kita sama saja," lanjut Doel. 

Menurut pelantun "Kalau Bulan Bisa Ngomong" ini, musisi yang hidup di era digital harusnya lebih produktif, karena dimudahkan sarana pemasaran yang mudah dan gratis. 

"Harusnya musisi sekarang yang punya banyak karya, itu kaya. Ini kesempatan yang baik bagi kita. Media pemasaran sekarang kan mudah dan gratis. Dan tuntutannya kita harus punya karya yang berkualitas. Kalau karya kita buruk dikit bisa banjir komentar netizen dan malah enggak maju-maju," kata Doel. 

Baca juga: Mengaku Tak Punya Bakat Menyanyi, Doel Sumbang: Saya Mungkin Kerasukan Elvis Presley

"Sejauh apa pun itu teknologi, kewajiban saya hanya berkarya," ujar Doel menambahkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com