Kompas.com - 05/04/2021, 19:34 WIB
Pinkan Mambo datangi Polda Jatim untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus Investasi MeMiles, Senin (20/1/2020). KOMPAS.COM/A. FAIZALPinkan Mambo datangi Polda Jatim untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus Investasi MeMiles, Senin (20/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com- Dulu hidup dalam sorot cahaya dan popularitas nyatanya tak membuat Pinkan Mambo lantas malu menjajal profesi lain demi bertahan hidup.

Pemilik nama Pinkan Ratnasari Mambo itu mencoba berjualan pisang goreng dengan berjalan kaki, jasa laundry hingga yang terbaru dia berjualan cobek.

"Kenapa harus malu, memangnya Mereka yang ngomongin mau bayarin cicilan kita? Lebih malu kalau kita sampai minta-minta aduh amit-amit enggak mau deh," kata Pinkan yang bisa menginspirasi banyak orang.

Baca juga: Jatuh Bangun Pinkan Mambo, Jualan Pisang hingga Punya Showroom Mobil

Berikut beberapa usaha yang pernah dan masih dijalani penyanyi bersuara serak itu dan menjadi bukti perjuangan seorang Pinkan Mambo.

Berjualan pisang goreng

Pernah lima tahun tidak mendapat job menyanyi, Pinkan Mambo tak malu saat harus berjualan pisang goreng dengan keuntungan sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

"Jual pisang dari warung ke warung aku naik motor pakai helm sama anak aku, biar orang enggak tahu aku Pinkan Mambo," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja keras Pinkan membuahkan hasil. Dia yang dulu punya utang, saat itu bisa membayarnya sekaligus.

Showroom mobil

Dari berjualan pisang goreng, Pinkan tidak hanya bisa melunasi utang, tapi dia juga bisa membuka showroom mobil dengan harga mobil berkisar antara Rp 4 miliar hingga Rp 7 miliar.

"Itu rezeki dari Tuhan, aku sudah biasa jadi kuli, sudah biasa belanja, jam 1 malam aku bangun, jualan pisang. Sekarang sudah mulai membaik," ujar Pinkan Mambo saat mengenang hasil kerja kerasnya yang sudah membuahkan hasil.

Jasa laundry baju

Tidak hanya pisang goreng, pelantun "Kekasih yang Tak Dianggap" itu juga mencoba usaha lain dari laundry baju dengan harga per 5 kilogram mulai Rp 45.000.

"Yang hectic banget itu yang sekarang sejak pandemi ini, sejak Covid ini aku benar-benar melakukannya, katering dan laundry," kata Pinkan.

Baca juga: Untung Rp 10.000 Jualan Pisang Goreng, Pinkan Mambo Belikan Beras dan Sirup untuk Vitamin Anaknya

Rumah makan

Pinkan juga memiliki usaha katering dimana semua makanannya merupakan home made yang diantar ke rumah si pemesan.

Bisnis makanan dan laundry itu merupakan salah satu usaha Pinkan untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Jual berbagai isi rumah

Pinkan kedapatan menjual perabotan rumah tangga di akun Instagramnya, dari ring basket, cobek, tempat sampah, toaster, oven, PS4, karpet, gitar hingga sarung bantal guling.

Pinkan MamboInstagram @pinkan_mambo Pinkan Mambo


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.