Kompas.com - 30/03/2021, 15:25 WIB
Marsha Timothy membintangi film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts). Cinesurya PicturesMarsha Timothy membintangi film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts).

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Film Nasional ke-71 yang jatuh pada hari ini, Selasa (30/3/2021), bisa dirayakan dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan menonton film Indonesia terbaik yang pernah dikirim ke ajang Piala Oscar.

Sejak 1987, Indonesia diketahui telah mengirimkan 22 karya terbaiknya untuk nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik Academy Award.

Berikut lima rekomendasi film Indonesia yang pernah dikirim ke perhelatan Piala Oscar untuk Anda simak.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Karya Usmar Ismail, Bapak Perfilman Nasional

1. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam menjadi film terbaru yang dikirim Indonesia dalam ajang Academy Award ke-93 yang rencananya akan digelar pada 25 April 2021 mendatang.

Sayangnya, film besutan sutradara Joko Anwar ini lagi-lagi belum berhasil masuk nominasi akhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Maya (Tara Basro) yang mewarisi sebuah rumah di desa keluarganya.

Namun, ia tak menyadari kalau penduduk kampung selalu berusaha menemukan dan membunuhnya untuk menghilangkan kutukan yang telah mengganggu mereka selama bertahun-tahun.

Baca juga: Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam, Sebuah Misteri di Kampung Halaman

2. Kucumbu Tubuh Indahku (2019)

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Garin Nugroho ini mengangkat kisah penari Lengger Lanang yang menjadi gemblak seorang warok dalam tradisi klasik penari Reog.

Ceritanya terinspirasi dari pengalaman hidup Rianto, penari Lengger kelahiran Banyumas sekaligus pendiri perusahaan tari Jawa klasik, Dewandaru Dance Company, di Jepang.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X