Kompas.com - 25/03/2021, 16:37 WIB
Komedian Komeng ketika membicarakan soal perkembangan kanal YouTube-nya dengan Abdel Achrian YouTube Abdel Achrian Komedian Komeng ketika membicarakan soal perkembangan kanal YouTube-nya dengan Abdel Achrian

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Komeng tidak menampik bahwa ia memiliki pelarian dari dunia lawak saat diri sendiri membutuhkan hiburan.

Dengan kata lain, Komeng menyadari seorang pelawak terkadang lupa untuk menghibur diri sendiri.

"Terus kalau buat pelarian, kadang-kadang kitanya menghibur orang terus, kadang-kadang (diri) kita enggak dihibur," kata Komeng seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Melaney Ricardo, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Jarang Tampil di TV, Komeng: Kita Perlu Istirahat, Tidak Hanya Badan tapi juga Pikiran

Pelarian pemilik nama lahir Alfiansyah Bustami itu ialah bermain game bersama anak-anaknya sampai-sampai pernah lupa waktu.

"Kita harus punya, saya masih main game, saya kalau dulu sudah kayak anak-anak. Tapi kadang-kadang habis sama anak-anak, waktu umur dua tahun sudah enggak ada, paling main di tablet," ucap Komeng.

Sementara itu, pria kelahiran Agustus 1970 itu mengaku sangat mencintai pekerjaannya sebagai pelawak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Komeng Tak Berani Ulang Lawakan dalam Sebuah Pertunjukan demi Penonton

Karena kecintaannya ini, Komeng mengaku jarang sekali merasa lelah dengan pekerjaan yang ia lakoni.

"Apa pun pekerjaan kita, kita harus senangin, kita harus cintai, apa pun, bukan cuma pelawak. Tapi kalau memang dia tidak mencintai pekerjaannya, itu akan sering capek," ujar Komeng.

Dalam dunia lawak, dia tidak menampik kadang kala ada komedian yang merasa letih dengan  rutinitas melawak.

Baca juga: Cara Komeng Jaga Kualitas Lawakan, Rajin Mencatat dan Membaca

Dia menduga, hal itu terjadi karena pelawak tersebut tidak memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

"Kalau buat capek, cintai. Terus, waktu kita (punya waktu) kosong, jangan dibuat apa, (waktunya) buat mikir (bikin materi), nanti pas ngelawak enggak mikir lagi, ngeloyor," ucap Komeng.

Komeng menambahkan, ia mengasah kemampuannya sebagai pelawak dengan menulis materi setiap harinya.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X