Kompas.com - 24/03/2021, 19:57 WIB
Drama musikal SAVITRI tayang secara daring melalui kanal YouTube Teater Koma pada Kamis (25/3/2021) dan Teater KomaDrama musikal SAVITRI tayang secara daring melalui kanal YouTube Teater Koma pada Kamis (25/3/2021) dan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 juga dirasakan oleh pekerja seni pertunjukan teater atau drama musikal.

Jika biasanya drama musikal ditonton langsung oleh penikmat seni, kini mereka harus beralih secara daring tanpa kehadiran penonton di hadapan mereka.

Mereka juga harus mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker selama latihan, seperti yang dilakukan Teater Koma untuk lakon SAVITRI.

Baca juga: Serba-serbi Teater Koma Cinta Semesta, Digelar Virtual hingga Selipkan Pesan Cinta

"Jadi tetap latihan dengan (protokol) kesehatan yang juga dibikin sedemikian rupa, kami kalau hari-hari itu menggunakan faceshield, menggunakan masker," kata Riantiarno selaku sutradara dan penulis naskah SAVITRI, saat konferensi pers, Rabu (24/5/2021).

Riantiarno menuturkan ketidakhadiran penonton secara langsung menjadi kesulitan tersendiri.

"Jadi sebetulnya ini sulit karena kalau ada penonton kan ada respons dari respons itu biasanya menjadi sesuatu yang lebih baik atau lebih tidak baik," tuturnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Teater Koma Cinta Semesta, Ketika Tak Mungkin Melawan Alam Semesta

Namun, selama hampir setahun selalu menyuguhkan pertunjukkan secara daring, Riantiarno sudah mulai terbiasa.

"Kami melakukan setahun belakangan itu (2020) menjadi sesuatu yang bagus menurut saya, bagi saya ini buat latihan temen-temen. Intinya saya menyutradarai seperti itu," ujarnya.

Riantiarno memutuskan untuk menyutradarai drama musikal SAVITRI sekaligus sebagai penulis naskah karena ingin menyampaikan pesan kesetiaan seorang istri kepada suaminya.

Baca juga: Sutradara Ungkap Teater Koma Cinta Semesta Dipersiapkan Selama 7 Bulan

"Kesetiaan seorang istri itu kena banget. Makanya saya harus menulis sebuah drama musikal yang menurut saya bagus, ada nyanyian yang bagus juga dan ini adalah lakon yang kena di hati," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X