BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola

Sudah Hadir Dua Episode, Begini Serunya Mola & Chill Fridays

Kompas.com - 22/03/2021, 16:31 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah sukses dengan program Mola Living Live, layanan multiplatform televisi kabel Mola TV kini menghadirkan artis–artis ternama dari dunia musik secara live melalui program terbarunya, yakni Mola & Chill Fridays.

Acara tersebut dibuat Mola TV sebagai komitmen untuk menayangkan program hiburan berkualitas untuk penonton Indonesia.

Lewat Mola & Chill Fridays, Mola TV menghadirkan musisi papan atas, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pihak Mola TV berharap, acara tersebut dapat menjadi obat rindu bagi musisi agar bisa menampilkan kembali performa terbaiknya, mengingat saat ini industri musik sedang mati suri lantaran tak ada konser yang digelar selama pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, acara live music tersebut juga memiliki keunikan tersendiri. Musisi yang tampil akan bermain dengan gaya kasual dari rumah atau studionya masing-masing.

Berbeda dengan acara musik virtual lainnya, para musisi juga berkesempatan untuk berbincang santai dengan penggemarnya atau penonton secara langsung melalui sesi request lagu dan tanya-jawab via media sosial Mola TV.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso mengatakan, kehadiran Mola & Chill Fridays merupakan langkah awal Mola TV untuk menghadirkan segmen musik.

Menurutnya, musik merupakan komponen yang tak terpisahkan dari industri hiburan. Menghadirkan acara musik berarti membuktikan komitmen Mola TV yang ingin menawarkan solusi hiburan komprehensif untuk penonton Indonesia.

"Seperti pilar lainnya di Mola TV, kami konsisten pada tujuan untuk menghadirkan bagian terbaik dunia ke Indonesia dan juga sebaliknya. Dalam beberapa bulan ke depan, nantikan konten-konten bertema musik lainnya dari Mola TV,” ujar Mirwan.

Hadir dengan konsep interaktif, dikatakan oleh Mirwan bahwa peluncuran program tersebut juga bertujuan untuk membuka jalan bagi musisi Indonesia menuju kancah internasional.
“Harapan kami adalah menggunakan platform dan relasi kami untuk membawa artis-artis Indonesia ke pentas dunia,” kata Mirwan.

Penayangan Mola & Chill Fridays sudah dimulai pada pengujung Februari 2021. Episode pertama diselenggarakan pada Jumat (26/2/2021). Saat itu, band asal Inggris Prep mendapat kesempatan untuk menjadi bintang tamu di acara tersebut.

Sebagai informasi, Prep adalah band yang beranggotakan empat orang musisi dengan latar belakang musik yang berbeda. Mereka adalah penyanyi dan penulis lagu Tom Havelock (vokal), komposer lagu klasik Llywelyn ap Myrddin (keyboard dan synthesizer), House DJ Guillaume Jambel (drum), dan produser musik Dan Raddclyffe (Gitar).

Band itu mengusung aliran soul yang dipadukan dengan synth-pop modern. Aliran tersebut cukup booming saat ini.

Terinspirasi dari genre soul era 1970-an dan Japan city-pop 1980-an, musik yang dibawakan Prep terdengar modern berkat adanya sound kekinian yang dihasilkan melalui instrumen elektronik synthesizer.

Dalam penampilannya di Mola & Chill Fridays, Prep bermain langsung dari studionya di London, Inggris.

Di awal kehadirannya, Prep menggebrak dengan memainkan lagu berjudul “Turn The Music Up” yang langsung diteruskan dengan “Pictures of You”.

Setelah membawakan dua lagu, band asal Inggris tersebut menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari penggemarnya yang ada di media sosial. Salah satunya adalah pertanyaan seputar proses kreatif dalam menciptakan lagu.

“Biasanya mereka (anggota lainnya) yang lebih sering terlibat dalam instrumen. Begitu mereka menyelesaikannya, barulah mereka datang ke saya untuk bersama-sama memahami musiknya dan menggunakan kata yang tepat (untuk lirik),” ujar Tom Havelock.

Beberapa tembang andalan yang juga dibawakan pada acara itu adalah “Cheapest Flight”, “Cold Fire”, dan “Years Don't Lie”.

“Bersorak untuk Mola & Chill. Terima kasih sudah mengundang kami. Sangat senang rasanya bisa bermain kembali karena kami sudah lama tidak merasakan panggung. Semoga kami dapat berjumpa lagi dengan kalian semua,” ujar Tom.

Menutup penampilannya, Prep membawakan “Who's Got You Singing Again”. Selain penampilan Prep, episode perdana tersebut jadi lebih spesial karena sebelumnya, Mola & Chill Fridays juga menghadirkan band lokal Weird Genius.

Band ini beranggotakan Reza Oktovian (Arap), Eka Gustiwana, dan Gerald Liu untuk membuka acara.

Saat tampil membuka Mola & Chill Fiday Music Evenings, Weird Genius juga mengajak bintang tamu lainnya, yakni Reikko untuk berkolaborasi.

Sebagai informasi, Reikko merupakan musisi pendatang baru yang turut terlibat dalam lagu “Hush” yang dipopulerkan oleh Weird Genius dan Yellow Claw. Lagu tersebut turut dimainkan sebagai pembuka di acara ini.

Tak hanya itu, Weird Genius juga berkolaborasi dengan finalis 8 besar Indonesian Idol Novia Bachmid di acara yang sama.

Pada kesempatan itu, Weird Genius juga sempat berinteraksi dengan penonton. Di sela-sela menunggu Novia hadir, Reza Arap dan kawan-kawannya menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari penggemarnya lewat akun Twitter.

Weird Genius dan Reikko di Mola & Chill Fridays Mola TV Weird Genius dan Reikko di Mola & Chill Fridays

Pertanyaan yang mereka pilih adalah mengenai gebrakan apa yang akan Weird Genius lakukan untuk mengalahkan viralnya lagu “Lathi”.

Mewakili Weird Genius, Eka mengatakan, mereka tak pernah memikirkan rencana apa pun terkait viralnya karya yang mereka hasilkan.

“Tidak ada. Kami tidak pernah berencana untuk viral. Tetapi, kami bisa pastikan jika kami selalu all out ketika membuat suatu karya. Itu saja sih, intinya kami akan selalu menjaga kualitasnya,” ucap Eka.

Setelah menjawab satu pertanyaan tersebut, barulah Novia hadir untuk beraksi bersama Weird Genius. Ia membawakan tiga lagu, yakni “Flickshot”, “Lunatic”, dan “Lathi”.

Di acara itu, Weird Genius menemani penonton selama kurang lebih 30 menit.
Lantaran konsep dan bintang tamu yang menarik, episode perdana Mola & Chill Fridays sukses memecahkan peringkat top ten konten terpopuler di Mola TV.

Bahkan, konser virtual ini mampu menandingi partai big match antara Manchester United versus Chelsea yang berlangsung di pekan yang sama.

Selain itu, berkat acara Mola & Chill Fridays, permintaan terhadap lagu-lagu Prep di radio Indonesia meningkat hingga 394 persen.

Tak sampai di situ, menurut Mirwan, kesuksesan penampilan Prep turut menarik perhatian beberapa manajemen artis. Mereka menginginkan artisnya untuk hadir di Mola & Chill Fridays.

Bukan itu saja, Weird Genius juga diapresiasi oleh manajemen Prep. Mereka bahkan ingin mencarikan panggung untuk Weird Genius di luar negeri.

Episode kedua yang tak kalah meriah

Kemeriahan Mola & Chill Fridays pun berlanjut di episode kedua, Jumat (12/3/2021). Acara ini dibuka dengan penampilan dari band beraliran visionary pop asal Ibu Kota, Elephant Kind.

Penampilan Elephant Kind di Mola & Chill Fridays Mola TV Penampilan Elephant Kind di Mola & Chill Fridays

Dalam kesempatan tersebut, Bam Mastro selaku vokalis Elephant Kind mengatakan, acara Mola and Chill Fridays menjadi obat bagi Elephant Kind yang rindu tampil di acara konser untuk menghibur penggemar.

Ia pun mengaku bahwa acara tersebut menjadi momen pertama kalinya Elephant Kind beraksi pada 2021.

“Kami sudah lama banget enggak manggung. Ini pertama kali manggung sekarang ini. Rasanya selalu beda. Namun, ya, (tetap saja) orang kangen manggung (secara) live,” kata Bam.

Adapun sejumlah lagu yang dibawakan mereka di episode kedua tersebut antara lain “Oh Well”, “City J”, dan “Believe in You”. Selain menghibur lewat lagu, di sela-sela penampilannya, band asal Jakarta tersebut juga membocorkan soal proyek album ketiga.

“Album baru ini untuk mengobati kerinduan penggemar kami. Selama tujuh tahun Elephant Kind berjalan, kami akan segera merilis album ketiga dan yang paling best of the best," ujar Bam.

Usai penampilan Elephant Kind, acara makin meriah karena Charlie Puth mulai beraksi. Meski konser dilakukan secara daring dan tanpa iringan band, penyanyi kelahiran New Jersey, Amerika Serikat (AS), itu sukses menghibur para penggemarnya di Tanah Air.

Adapun lagu pertama yang ia bawakan adalah “Attention”, salah satu lagu yang ada pada album Voicenotes. Album ini dirilis pada 2018.

Lagu kedua yang ia bawakan adalah “We Don’t Talk Anymore”, lagu duet bersama Selena Gomez dan sempat bertengger di urutan ke-9 US Billboard Hot 100 pada 2016.

Sama dengan bintang tamu lainnya, Puth menyempatkan diri menjawab pertanyaan dari fans seputar awal mula terjun ke dunia musik.

“Pada usia empat tahun, saya mendengar musik bersama ibu saya. Saya dikasih video musik waktu kecil dan saya ingat waktu itu juga bisa menyentuh piano,” kenang Puth sambil tertawa.

Puth juga sempat menanggapi pertanyaan mengenai lagunya bersama Wiz Khalifa yang berjudul “See You Again”. Puth mengatakan jika lagu tersebut berjasa besar dalam kesuksesan kariernya saat ini.

“Lagu tersebut mengambil banyak emosi dan kejutan, tetapi saya senang karena akhirnya bisa bekerja sama dengan Wiz. Dan aku dapat membayangkan bagaimana suaranya,” jelas Puth.

Beraksi selama 40 menit, lelaki berzodiak Sagitarius itu turut membawakan tembang-tembang hit, seperti “One Call Away”, “See You Again”, dan “How Long”.

Charlie Puth di di Mola & Chill Fridays Mola TV Charlie Puth di di Mola & Chill Fridays

Acara makin berkesan karena saat penutupan, Puth tak lupa menyapa para penggemarnya kembali. Ia pun menaruh harapan bisa bertemu dengan fans dalam sebuah pertunjukkan besar.

“Untuk penggemar di Indonesia, saya sangat merindukan kalian dan semoga kita bisa berjumpa lagi karena saya punya beberapa lagu baru untuk kalian. Saya tidak sabar dan ingin kembali mencicipi makanan Indonesia,” ujar Puth.

Melanjutkan keseruan dua episode sebelumnya, episode ketiga Mola & Chill Fridays akan hadir, Jumat (26/3/2021) di Mola TV.

Akan hadir dalam acara itu, musisi soul jazz asal Inggris Tom Misch dan duo musisi beraliran folk Tanah Air Stars and Rabbit.

Adapun seluruh tayangan program Mola & Chill Fridays dapat disaksikan melalui aplikasi Mola TV yang tersedia di App Store dan Play Store atau melalui situs resmi Mola TV dengan klik tautan ini. Anda bisa ikut menikmati keseruannya hanya dengan berlangganan Mola TV mulai dari Rp 12.500 per bulan.


Terkini Lainnya

Cerita Zulfa Maharani Kenakan Gaun Pengantin Mutia Ayu untuk Glenn Fredly The Movie

Cerita Zulfa Maharani Kenakan Gaun Pengantin Mutia Ayu untuk Glenn Fredly The Movie

Film
Dude Harlino Sebut Anak Pertama dan Keduanya Panggil Adik Mereka 'Deru', Apa Artinya?

Dude Harlino Sebut Anak Pertama dan Keduanya Panggil Adik Mereka "Deru", Apa Artinya?

Seleb
Vokalis Evanescence Amy Lee Tanggapi Kabar Dirinya Jadi Penyanyi Baru Linkin Park

Vokalis Evanescence Amy Lee Tanggapi Kabar Dirinya Jadi Penyanyi Baru Linkin Park

Musik
Upaya Marthino Lio Mendekatkan Diri dengan Glenn Fredly Lewat Suara

Upaya Marthino Lio Mendekatkan Diri dengan Glenn Fredly Lewat Suara

Film
Alyssa Soebandono Berusaha Berikan ASI Eksklusif untuk Putrinya hingga Usia 2 Tahun

Alyssa Soebandono Berusaha Berikan ASI Eksklusif untuk Putrinya hingga Usia 2 Tahun

Seleb
Nekat Banting Setir dari Musisi Jadi Pelawak, Andre Taulany: Kalau Enggak Gitu Enggak Bisa Makan

Nekat Banting Setir dari Musisi Jadi Pelawak, Andre Taulany: Kalau Enggak Gitu Enggak Bisa Makan

Seleb
Respons Maia Estianty Saat Asila Maisa Curhat Suaranya Dibandingkan dengan Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat

Respons Maia Estianty Saat Asila Maisa Curhat Suaranya Dibandingkan dengan Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat

Seleb
Lirik dan Chord Lagu Long Progression – Red Hot Chili Peppers

Lirik dan Chord Lagu Long Progression – Red Hot Chili Peppers

Musik
Lirik dan Chord Lagu Pink as Floyd – Red Hot Chili Peppers

Lirik dan Chord Lagu Pink as Floyd – Red Hot Chili Peppers

Musik
Akhirnya Punya Anak Perempuan, Dude Harlino Langsung Cari Tahu Cara Didik dan Membesarkannya

Akhirnya Punya Anak Perempuan, Dude Harlino Langsung Cari Tahu Cara Didik dan Membesarkannya

Seleb
Film Thriller Monster Tayang Mei di Netflix

Film Thriller Monster Tayang Mei di Netflix

Film
Lirik dan Chord Lagu In Love Dying – Red Hot Chili Peppers

Lirik dan Chord Lagu In Love Dying – Red Hot Chili Peppers

Musik
Lirik Lagu If Now Was Then, Singel Baru dari Maggie Rogers

Lirik Lagu If Now Was Then, Singel Baru dari Maggie Rogers

Musik
Lirik dan Chord Lagu Rivers of Avalon – Red Hot Chili Peppers

Lirik dan Chord Lagu Rivers of Avalon – Red Hot Chili Peppers

Musik
Lirik Lagu The Kill, Singel Baru dari Maggie Rogers

Lirik Lagu The Kill, Singel Baru dari Maggie Rogers

Musik
Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com