Kompas.com - 19/03/2021, 19:43 WIB
Komedian Soleh Solihun saat mengobrol dengan penyanyi Armand Maulana. YouTube Armand MaulanaKomedian Soleh Solihun saat mengobrol dengan penyanyi Armand Maulana.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Soleh Solihun blak-blakan bahwa ia tak mengerti cara mengaplikasikan teori stand up comedy.

“Gue kan sering dibilang Soleh itu bukan stand up karena tidak sesuai dengan teori. Gue enggak ngerti teori tapi berkarier 10 tahun,” kata Soleh Solihun dikutip Kompas.com dari YouTube Vincent and Desta, Jumat (19/3/2021).

Soleh bahkan sudah beberapa kali mempelajari teori stand up comedy namun tak kunjung mengerti.

Baca juga: Awal Mula Soleh Solihun Jadi Komika: Zaman Segitu Gue Sudah Dibayar

Pelajarin tapi enggak ngerti. Gue tuh belajar setelah orang bilang teori-teori, oh ginilah aplikasinya gimana ya,” tutur Soleh.

Kepada Desta dan Vincent, Soleh menjelaskan beberapa teori yang dipakai dalam menyusun materi stand up comedy.

“Pertama itu set up, ada punch line. Ada yang namanya premis, premis itu ide, ide keseluruhan,” imbuh Soleh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Desta Klarifikasi soal Dianggap Marah kepada Soleh Solihun

“Set up yang enggak lucunya, punch line yang lucunya. Gue tahu teori ini, kalau mau membedah yang mana set up-nya,” lanjut Soleh.

Soleh juga mengakui bahwa ia tak pernah menulis materi stand up comedy. Ia pun hanya mencatat poin-poin penting ketika stand up.

“Dari dulu enggak pernah nulis, gue poin-poinnya saja. Gue bayangin,” kata Soleh lagi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X