Kompas.com - 19/03/2021, 19:13 WIB
Soleh Solihun dan Desta yang sedang berbincang di kanal YouTube Vincent and Desta. YouTube Vincent and DestaSoleh Solihun dan Desta yang sedang berbincang di kanal YouTube Vincent and Desta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat berprofesi sebagai wartawan, akhirnya Soleh Solihun terjun beralih profesi menjadi komika atau stand up comedian.

Dalam kanal YouTube Vincent and Desta, Soleh menceritakan awal terjun jadi komika.

“Dari Rolling Stone kan gue suka MC. Kalian enggak ada sih di Rolling Stone era gue, kayaknya bandnya udah enggak jelas,” kata Soleh Solihun dikutip Kompas.com, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Desta Klarifikasi soal Dianggap Marah kepada Soleh Solihun

“Jadi kalian tidak tahu gue adalah MC yang lucu. Kalau band-band saat itu, gue 2008 sampai 2011 akhir, kalau Goodnight Electric band yang aktif pasti tahu gue MC yang lucu tapi lingkup kecil,” tambah Soleh.

Hingga akhirnya Soleh diajak manggung pertama kali sebagai komika. Saat itu Soleh hanya menerima bayaran Rp 500.000.

“Karena gue diajakin Metro TV aja terus ada duitnya. 2010 gue stand up di radio global, ada produsernya Zaki, Si Zaki itu minta stand up di acara dia, gue mau tuh gara-gara dikasih bayaran gopek, ‘wah lumayan buat beli 2 CD’” ungkap Soleh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Masa Kecil Soleh Solihun, Perbaiki Kacamata dengan Tipe X dan Ingin Jadi Pendekar

Soleh meyakini jika hanya dia pada waktu komika yang dibayar.

Bahkan Soleh sempat memvideokan aksi stand up comedy-nya.

“Zaman segitu orang belum dibayar stand up gue udah dibayar. Iya (pertama kali)” ujar Soleh.

“Terus ada si Faisal pas gue manggung, ‘eh rekamin dong gue pengin ada video di YouTube. Jadi kalau ngetik nama gue ada di YouTube’. Adalah video gue 3,” tutur Soleh.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X