Kompas.com - 19/03/2021, 14:22 WIB
Dok. Afgan dan Jackson Wang. Dok. EmpireDok. Afgan dan Jackson Wang.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Afgan kembali meramaikan industri musik Tanah Air. Bersama Jackson Wang, Afgan merilis single yang berjudul “M.I.A”.

Single ini dirilis di bawah label musik EMPIRE, label Amerika Serikat yang menaungi Iggy Azalea, Snoop Dogg, Adam Lambert, Tyga, Robin Thicke, hingga Busta Rhymes, yang juga bekerja sama dengan Trinity Optima Production.

Untuk lagu "M.I.A", Afgan dan Jackson Wang mengusung beat R&B dan subtle trap dengan nuansa noughties serta tempo lambat.

Baca juga: Afgan Cerita Awal Mula Duet Bareng Jackson Wang

“Aku adalah penggemar berat Jackson Wang dan dia menginspirasiku untuk berkembang," kata Afgan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/3/2021).

Proyek kerja sama itu, kata Afgan, bermulai dari pertemuan mereka di belakang panggung sebuah acara di Seoul, Korea Selatan, pada 2019 lalu.

"Kami berdiskusi tentang kemungkinan untuk bekerja sama,” kata Afgan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Afgan Umumkan Kolaborasi Bersama Jackson Wang

Diskusi di belakang panggung itu kemudian berlanjut dari jarak jauh.

“Kami banyak bicara soal musik lewat telepon. Kami pikir, pasti seru kalau kami berkolaborasi," Jackson Wang menambahkan.

Untuk proses pembuatan lagu ini, Afgan menjalani rekaman di studio EMPIRE, Amerika Serikat. Namun rekaman ini dilakukan secara terpisah dengan Jackson Wang.

Baca juga: Cerita Masa Sulit Afgan dan Hikmah yang Didapatkannya

Singel “M.I.A” berkisah soal keyakinan seseorang untuk tidak akan pergi dari sosok yang ia cintai dan akan tetap di sisinya.

“Tidak ada cerita personal di balik ‘M.I.A’. Tapi, proses pembuatan lagu ini sangat menyenangkan dan menjadi bagian besar dari eksplorasiku di album mendatang. Kita bisa menari saat mendengarkan lagu ini dan aku pikir, dunia membutuhkan lebih banyak lagu seperti ini,” ucap Afgan.

“Afgan adalah artis yang hebat, dia keren. Setelah mendengar versi final ‘M.I.A’, aku pikir lagunya sempurna dan smooth. Semua orang harus mendengarkan lagu ini,” tambah Jackson Wang.

Baca juga: Sebelum Pandemi, Afgan Akui Sempat Tak Lagi Menikmati Menyanyi

“M.I.A” ditulis Benny Mayne dan Emily Vaughn serta diproduseri oleh Tha Aristocrats.

Video musik “M.I.A” bisa disaksikan di akun YouTube Afgan mulai 20 Maret 2021 pukul 12.00 WIB.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X