Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rich Brian sampai Daniel Kim Serukan Stop #StopAsianHate

Kompas.com - 19/03/2021, 11:25 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini tindakan kekerasan terhadap warga Asia-Amerika dan Asia Pasifik di Amerika Serikat terus meningkat.

Terakhir, peristiwa penembakan terjadi di tiga tempat spa berbeda di sekitar Atlanta pada Selasa malam waktu setempat (17/3/2021), yang menewaskan 8 orang, termasuk 6 wanita Asia.

Kejahatan rasial ini, dipicu retorika yang menyalahkan orang Asia atas penyebaran Covid-19.

Lalu, mantan Presiden AS Donald Trump berulang kali menyebut Covid-19 sebagai "Virus China" dan Retorika "kung flu", dianggap oleh beberapa orang sebagai sentimen anti-Asia yang dikobarkan.

Hal ini menimbulkan kemarahan publik yang memiliki darah Asia. Tanda pagar (tagar) #RacismIsNotComedy dan #StopAsianHate menduduki posisi teratas trending topic Twitter Indonesia pada Rabu (17/3/2021) malam.

Baca juga: Rich Brian Kecam Penembakan yang Tewaskan Wanita Asia di Atlanta

Warganet menyuarakan penolakan terhadap tindakan rasialisme yang diterima oleh warga keturunan Asia yang tinggal di Amerika Serikat. Tak hanya warganet, para pesohor pun ikut menyerukan hal tersebut.

Berikut Kompas.com rangkum deretan pesohor yang ikut serukan #Stop Asian Hate.

1. Rich Brian

Salah satunya, Rich Brian.

Rich Brian ikut menyuarakan tagar #StopAsianHate sebagai bentuk penolakan terhadap tindakan rasialisme yang diterima warga keturunan Asia yang tinggal di Amerika Serikat.

Penyanyi rapper berdarah Asian ini pun mengecam tindakan kekerasan terhadap warga Asia-Amerika dan Asia Pasifik di Amerika Serikat yang mengkhawatirkan belakangan ini.

Ia marah akan tindakan pelaku yang kejam, terutama pada wanita keturunan Asia.

Baca juga: Berkait Insiden Penembakan Atlanta, Lana Condor Suarakan #StopAsianHate

Penembakan ini targetnya adalah wanita Asia, dan dia (pelaku) BERSENJATA. Mereka menangkapnya hidup-hidup, dan mereka bilang 'ini adalah hari buruk untuknya.' Hal ini benar-benar membuatku muak," cuitnya di Twitter yang di-screenshoot dan diposting ke Instagram-nya @brianimanuel seperti dikutip Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

2. Joe Taslim

Kemudian, Joe Taslim juga ikut menyerukan kampanye #StopAsianHate.

Joe Taslim mengunggah informasi tentang berbagai kontak sumber daya kesehatan mental yang bisa dihubungi.

Selain itu, Joes Taslim juga membagikan informasi soal donasi yang bisa disalurkan untuk dapat membantu para warga Asia yang menjadi korban rasisme di Amerika Serikat. Dalam keterangan postingan yang diunggahnya ia pun membubuhkan emoticon wajah sedih.

Baca juga: Rapper Lil Marlo Tewas Ditembak di Atlanta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com