Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Tudingan Plagiat, Young Lex: Salahnya karena Tidak Izin Saja

Kompas.com - 16/03/2021, 13:55 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapper Young Lex mengakui, ada kesalahan terkait tudingan plagiat video musik "Raja Terakhir (The Last King)".

Menurut Young Lex, pihaknya salah karena tidak izin kepada manajemen atau Lay Zhang selaku pemilik video musik "Lit".

"Salahnya karena tidak izin saja. Mungkin kalau izin, jadi enggak salah," kata Young Lex seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (16/3/2021).

"Gue enggak tahu akan semirip itu. Gue enggak tahu bakal jadi masalah kayak gini. Lebih tepatnya, tidak terpikirkan, bukan enggak tahu," ujar Young Lex melanjutkan.

Sebelum masuk dalam pembicaraan soal perizinan, Young Lex menjelaskan keterlibatannya di dalam proses kreatif video klip "Raja Terakhir".

Kata Young Lex, ia sempat memberikan referensi video musik "Lit" milik Lay Zhang kepada temannya.

Baca juga: Young Lex Akui Kesalahan karena Kasih Referensi Video Klip Lit

Namun, pelantun "Nyeselkan" ini tidak mengetahui sama sekali video klip "Raja Terakhir" bakal semirip video musik "Lit".

Saat ditanya apakah mengetahui dalam video klipnya akan ada naga dan segala macamnya seperti video musik "Lit", Young Lex mengakui tahu.

Kendati demikian, kata Young Lex, tidak masalah sebuah video klip sama dengan yang sudah ada secara visual. Mengingat, ada kategori sehingga bisa dinyatakan plagiat

Meski pernyataannya itu mengundang kontroversi, Young Lex menegaskan pendapatnya bisa salah dan bisa dijadikan bahan diskusi.

"Tadi gue baru breakdown juga, dari video klip Lay 'Lit' itu, kita cuma ambil enam shoot atau enam scene. Nah, sementara, definisi plagiat itu 100 persen menjiplak," kata Young Lex.

Pria kelahiran April 1992 itu mengakui, enam scene yang diambil dari video klip "Lit" untuk "Raja Terakhir" sangatlah mirip.

Hanya saja, Young Lex membantah apabila dikatakan 100 persen mirip dengan video klip "Lit".

Baca juga: Akui Fans Kpop, Young Lex Bantah untuk Menyelamatkan Diri

Diketahui, Young Lex sempat dituding plagiat karena video klip "Raja Terakhir (The Last King)" miliknya disebut mirip dengan "Lit" milik Lay Zhang.

Unsur-unsur video klip "Raja Terakhir" disebut mirip dengan "Lit" dari sisi visual, gaya, dan koreografi.

Ditambah, tidak ditemukan kredit untuk Lay EXO atau agensinya dalam deskripsi yang dirilis dalam video "Raja Terakhir".

Namun, sebelumnya, rapper berusia 28 tahun ini mengungkapkan tidak ada urusan dengan video musik yang memancing kehebohan tersebut.

"Gue cuma diminta sebagai pembuat lagu dan enggak ada urusan sama Video Music (VM) lagu itu. Kalian bisa tanya ke PH yang bersangkutan," kata Young Lex.

Baca juga: Usai Dituding Plagiat, Young Lex Rilis Single Plastik yang Sindir Kpopers Fanatik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com