Kompas.com - 16/03/2021, 13:24 WIB
Young Lex saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019). KOMPAS.com/IRA GITAYoung Lex saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapper Young Lex mengakui adanya kesalahan terkait dugaan plagiat video musik "Raja Terakhir (The Last King)".

Saat berbincang dengan Deddy Corbuzier, Young Lex mengakui, sedikit terlibat dalam proses kreatif dengan merekomendasikan video musik "Lit" kepada manajemen.

"Karena konsepnya kerajaan China, video klip yang paling mirip itu (Lit), referensi. Gue kasih lihat referensinya ke teman gue," kata Young Lex dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier, dikutip Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

"Iya (kasih referensi Lit), 'ini bikin kayak gini aja Ndre'. Ya maksud gue kan, gue pikir akan ada bedanya. Ini tetap salah ya salah, karena gue ada di proses kreatif juga sedikit untuk kasih referensi," ucap Young Lex lagi.

Sementara itu, pemilik nama lahir Samuel Alexander Pieter itu mengatakan, syuting video klip "Raja Terakhir (The Last King)" ini dilakukan menggunakan green screen.

Baca juga: Akui Fans Kpop, Young Lex Bantah untuk Menyelamatkan Diri

"Jadi, setelah syuting yang kontakan hanya pihak PH. Nih gue sekarang sebagai profesional, tadi sebagai teman ya, gue bela teman gue. PH dan agensi dan pihak klien dari China, sudah enggak ada urusan gue di proses editing," kata Young Lex.

Saat ditanya apakah mengetahui dalam video klipnya akan ada naga dan segala macamnya seperti video musik "Lit", Young Lex mengaku tahu.

"Tahu (ada naga dan segala macam), tapi tidak tahu akan jadi sedetail angle itu. Itu doang. Kalau pun gue mau kayak, 'eh jangan gini, terlalu sama', gue kayak 'ah ya sudahlah ya', gitu," ucap Young Lex.

Kendati demikian, kata Young Lex, tidak masalah sebuah video klip sama dengan yang sudah ada secara visual. Mengingat, ada kategori sehingga bisa dinyatakan plagiat.

Meski pernyataannya itu mengundang kontroversi, Young Lex menegaskan pendapatnya bisa salah dan bisa dijadikan bahan diskusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X