Kompas.com - 12/03/2021, 08:29 WIB
Member boyband EXO Lay Zhang menghadiri Grammy Awards 2019 yang digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (10/2/2019).   Jon Kopaloff/Getty Images/AFPMember boyband EXO Lay Zhang menghadiri Grammy Awards 2019 yang digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (10/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah sempat ramai dengan tudingan plagiarisme video musik "Raja Terakhir", pihak Lay Zhang melalui akun Instagram memberikan tanggapan.

Tanggapan itu mereka tuliskan secara terbuka lewat akun Three Kingdoms: Hero Legendaris yang menulis surat permintaan maaf.

"Berada di bidang kreatif, kami berharap semua orang dapat menghargai komitmen dan upaya yang dilakukan untuk membuat konten," tulis akun @officiallayzhangstudio, dikutip Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Dituduh Plagiat Lit Milik Lay EXO, Young Lex Naik Pitam

"Kami terutama berharap agar orang-orang di seluruh dunia lebih sadar tentang menjiplak karya orang lain," tulis mereka.

Dengan adanya peristiwa yang ramai di media sosial, pihak Lay dengan terbuka mengaku akan lebih senang jika ada yang ingin banyak belajar tentang budaya China.

Mereka hanya berharap sebagai orang yang sama-sama bekerja di industri kreatif, bisa saling menghormati.

"Harapan terbesar kami adalah agar setiap orang dapat membuat kemajuan dan tumbuh bersama dari situasi ini," tulis perwakilan Lay itu.

Baca juga: Tindakan Tegas Perusahaan Game, Usai Video Musik Young Lex Dituding Plagiat

Tidak itu saja, mereka bahkan menawarkan untuk memberikan bantuan dari perusahaan milik Lay, Chromosome Entertainment Group.

"Jika Anda mencari mitra untuk membantu membuat konten, kami, Chromosome Entertainment Group, dapat membantu! Jangan ragu untuk mengirimkan DM kepada kami," imbuhnya di akhir pernyataan.

Tanggapan dari pihak Lay Zhang ini langsung mendapat pujian dari banyak orang.

"Baik banget bang Lay enggak ngerti lagi," tulis akun @da._.drp.

"Masih ngakak tiap baca reply ini, mimin @threekingdomsherolegendaris apa tidak malu," tulis akun @wida.pt.

"Gilak enggak nyangka komennya baik banget. Gila enggak sedih apa karyanya di copy orang," tulis akun @jaehyunpopoo.

"Masih enggak nyangka baik banget si icing," tulis akun @findffound.

Lay ZhangInstagram @officiallayzhangstudio Lay Zhang

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X