Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Musik Nasional, JOOX Hadirkan Playlist Setiap Dekade

Kompas.com - 09/03/2021, 17:48 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional, aplikasi streaming musik Joox merilis playlist dari setiap dekade.

Bekerja sama dengan salah satu pegiat musik Indonesia, David Tarigan, Joox mengapresiasi keberagaman musik Indonesia dari tahun 70-an hingga 2010-an.

Setiap playlist telah dikurasi berdasarkan pilihan lagu terbaik yang menjadi ikon dan ciri khas musik dari setiap dekade.

Para pencinta musik bisa mengeksplorasi perjalanan musik Indonesia dengan rekomendasi lagu-lagu terbaik dari Joox.

1. Nostalgia 70-an dengan Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G Ade

Berbicara tentang musik di era 70-an, nama-nama seperti Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G. Ade tak bisa dilupakan.

Grup musik legendaris Koes Plus mewarnai perkembangan industri musik Tanah Air di tahun 70-an.

Kiprahnya berpengaruh besar terhadap perkembangan musik dan dikenal sebagai pelopor musik pop di negeri ini.

Chrisye, Ebiet G. Ade dan Titiek Puspa adalah penyanyi di era 70-an yang menghadirkan karya musik yang unik dan legendaris.

Era ini juga menjadi saksi munculnya musik dangdut yang merupakan akulturasi musik Melayu dan India. Pergerakan ini ditandai dengan munculnya Raja Dangdut Rhoma Irama.

Selain itu, ajang kompetisi cipta lagu bertajuk "Lomba Cipta Lagu Remaja" Prambors (LCLR) di tahun 1977 juga mengukir sejarah dengan mendobrak stagnasi dalam industri musik pop pada saat itu dan kemudian banyak melahirkan musisi baru di tahun-tahun selanjutnya.

2. Generasi 80an, kejayaan pop cengeng, pop kreatif, dan pop disko

Memasuki era 80-an, perkembangan musik Indonesia di masa itu terbilang cukup dinamis dan banyak tren musik baru yang hadir.

Meskipun pada era tahun 80-an musik Indonesia didominasi oleh genre pop yang mendayu atau “pop-cengeng” karena liriknya yang puitis dan menyayat hati, era ini juga diwarnai oleh “pop kreatif” yang lebih progresif dan bercerita tentang rasa.

Pada era ini, skena musik Indonesia juga mulai dikenalkan dengan genre rock dan elektro yang akhirnya memunculkan tren musik pop disko, beberapa lagu hits populer dari genre tersebut digawangi oleh Fariz RM dan Godbless.

Playlist 80-an akan membawa kamu untuk bernostalgia dengan tren musik populer yang 80s banget dengan lagu-lagu seperti “Barcelona” dari Fariz RM, “Tentang Kita” dari KLa Project, “Rumah Kita” dari Godbless, dan deretan lagu lainnya.

3. Generasi 90-an

Generasi 90-an kerap disebut-sebut sebagai era kejayaan musik di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com