Kompas.com - 09/03/2021, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional, aplikasi streaming musik Joox merilis playlist dari setiap dekade.

Bekerja sama dengan salah satu pegiat musik Indonesia, David Tarigan, Joox mengapresiasi keberagaman musik Indonesia dari tahun 70-an hingga 2010-an.

Setiap playlist telah dikurasi berdasarkan pilihan lagu terbaik yang menjadi ikon dan ciri khas musik dari setiap dekade.

Para pencinta musik bisa mengeksplorasi perjalanan musik Indonesia dengan rekomendasi lagu-lagu terbaik dari Joox.

1. Nostalgia 70-an dengan Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G Ade

Berbicara tentang musik di era 70-an, nama-nama seperti Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G. Ade tak bisa dilupakan.

Grup musik legendaris Koes Plus mewarnai perkembangan industri musik Tanah Air di tahun 70-an.

Kiprahnya berpengaruh besar terhadap perkembangan musik dan dikenal sebagai pelopor musik pop di negeri ini.

Chrisye, Ebiet G. Ade dan Titiek Puspa adalah penyanyi di era 70-an yang menghadirkan karya musik yang unik dan legendaris.

Era ini juga menjadi saksi munculnya musik dangdut yang merupakan akulturasi musik Melayu dan India. Pergerakan ini ditandai dengan munculnya Raja Dangdut Rhoma Irama.

Selain itu, ajang kompetisi cipta lagu bertajuk "Lomba Cipta Lagu Remaja" Prambors (LCLR) di tahun 1977 juga mengukir sejarah dengan mendobrak stagnasi dalam industri musik pop pada saat itu dan kemudian banyak melahirkan musisi baru di tahun-tahun selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.