Kompas.com - 09/03/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi Musik Klasik. ThinkstockIlustrasi Musik Klasik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 9 Maret biasa diperingati sebagai Hari Musik Nasional di Indonesia.

Ketetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sudah diresmikan oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 yang ditandatangani Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemerintah ingin meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para pelaku industri musik, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Bens Leo: Kolaborasi adalah Kunci Sukses

Disebutkan pula, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional, yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Intinya, penetapan Hari Musik Nasional adalah upaya untuk meningkatkan apresiasi terhadap musik Indonesia.

Hari Musik Nasional sebenarnya sudah diinisiasi oleh Persatuan Artis , Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) sejak 2003.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Bens Leo Sebut Cover Lagu Tanpa Izin sebagai Pelanggaran Hak Cipta

Namun pada kenyataannya, PAPRI membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk mewujudkan impiannya.

1. Perdebatan tanggal peringatan Hari Musik Nasional

Dikutip dari berita Kompas.com pada 9 Maret 2018, pemilihan tanggal perayaan Hari Musik Nasional dipengaruhi oleh WR Supratman.

Hari Musik Nasional diambil dari tanggal lahir Wage Rudolf Supratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya.

Baca juga: Profil WR Supratman, Sosok di Balik Peringatan Hari Musik Nasional 2021

Namun, pemilihan tanggal tersebut sempat menuai perdebatan lantaran sejumlah literasi menyebut tanggal kelahiran 19 Maret bukan 9 Maret.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X